Rabu, 11 Juni 2014

Milik Pusaka.......

Ibdh. Biston, selasa 10Juni 2014

Yosua 23:1-11
Pidato perpisahan Yosua kepada para pemimpin bangsa itu

Ini merupakan perkataan nasihat Yosua yang terakhir kalinya bagi bangsa Israel karena tak lama setelah itu Yosua mati.

Ay.3 dan kamu ini telah melihat segala yang dilakukan TUHAN, Allahmu, kepada semua bangsa di sini demi kamu, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang telah berperang bagi kamu.
                Lewat ayat Firman Tuhan ini kita tahu bahwa Allah mau melakukan segala sesuatu bagi kita, baik bagi nikah kita, pribadi kita dan segala hal yang kita butuhkan.
Tuhan begitu mengasihi kita, demi kita IA rela tinggalkan KeIlahianNya dan mati dikayu salib demi menyelamatkan kita. Tapi sangat disayangkan sekali mengapa kita masih tidak mengerti akan kasih Allah?
Segala apa yang kita terima saat ini terutama mengenai keselamatan bukankah itu bukan karena hasil usaha kita tapi semua karena kasih karunia Allah?

Ay.5 Dan TUHAN, Allahmu, Dialah yang akan mengusir dan menghalau mereka dari depanmu, sehingga kamu menduduki negeri mereka, seperti yang dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
Yang dilakukan Tuhan saat bangsa Israel memasuki tanah Kanaan:
1.       PENYUCIAN
Tuhan mengusir semua musuh-musuh mereka. Ini menggambarkan dimana Tuhan mengerjakan penyucian bagi bangsa Israel.
Hal ini juga berlaku bagi kita karena penyucian itu harus dilaksanakan seperti bagaimana Yesus menyucikan bait Allah sebab tanpa penyucian tidak seorangpun dapat melihat Allah.
Saat ini yang menjadi musuh kita adalah sifat, karakter dan tabiat daging sehingga sifat ini harus segera dihapuskan.
Roma 8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.
                Daging ini membuat kita tidak berkenan dihadapan Tuhan, sehingga banyak kali doa kita tidak dijawab Tuhan (Yak 4). Sama halnya dengan Hana, saat ia berdoa dalam kebenciannya, dalam dukanya, dalam sakit hati kepada Penina maka meskipun bertahun-tahun ia berdoa maka doanya tidak dijawab Tuhan sebaliknya saat ia mulai merubah cara ia berdoa dan menyerahkan semua kepada Tuhan maka meskipun kata-katanya tidak jelas terdengar tapi Tuhan tahu hatinya yang berkata-kata sehingga doanyapun dijawab Tuhan.

Galatia 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -- karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
Daging ini selalu membawa kita pada pertentangan, jangan heran jika kita masih suka bertengkar itu karena kita masih mempertahankan sifat karakter daging kita.
Dalam ayat 19-21 Firman Tuhan menjabarkan sifat karakter daging, kira-kira ada 15 yang tercatat tapi Firman Tuhan berkata bahwa “…dan sebagainya….” Itu tandanya masih banyak lagi sifat karakter daging.
Ingatlah salah satu saja sifat karakter daging kita yang masih kita turuti maka akan sangat berpengaruh bagi kerohanian kita, hal ini bisa menyebabkan kita menjadi mati rohani.

Ay.4 Ingatlah, aku telah membagikan dengan membuang undi bangsa-bangsa yang masih tinggal ini kepada suku-sukumu menjadi milik pusakamu, seperti juga semua bangsa yang telah kulenyapkan hari itu, mulai dari sungai Yordan sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam.
2.       MEMBERKATI
Setelah Tuhan mengerjakan penyucian maka IA pun memberkati kehidupan kita. Masing-masing pribadi kita diberkati dengan cara Tuhan sendiri.
Mengenai berkat maka jangan kita melihat berapa banyak jumlah yang Tuhan berikan tapi biarlah setiap berkat yang kita terima kita tetap selalu mengucap syukur.
Mungkin berkat jasmani yang kita terima masing-masing jumlahnya berbeda tapi berkat rohani baik Firman dan Roh Kudus, baik keselamatan dan hidup kekal semuanya sama IA janjikan bagi kita.
Terlepas dari berkat jasmani yang kita terima maka berkat rohani yang akan kita terima mengenai hidup kekal itu ditentukan oleh langkah akhir kita dalam mengiring Tuhan.

2 Tim 1:13 Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus. 1:14 Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.
Firman Tuhan adalah milik pusaka kita, pengajaran sehat yang harus kita pegang. Jangan sampai kita melepaskan pengajaran yang sehat, dimana pengajaran yang membuat nikah kita sehat, pelayanan kita sehat dsb. Jika kita melepaskan Firman Tuhan maka kita akan kehilangan kondisi yang sehat secara rohani.
Roh Kudus juga adalah milik pusaka yang Tuhan berikan bagi kita.
Jika kedua milik pusaka ini kita pegang dan jaga maka kita dapat masuk dalam penyembahan yang benar bagi Tuhan yaitu menyembah dalam Roh dan Kebenaran.

Ay.9 Bukankah TUHAN telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang. Ay.10 Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu.
3.       MEMBUAT KITA DISEGANI
Tuhan mampu membuat kita ditakuti oleh iblis. Mengapa kita terkadang kalah dan takut pada satu masalah?
Ingatlah akan Firman Tuhan ini, jika kita mau mengalami penyucian, berpegang teguh pada milik pusaka Tuhan yaitu Firman dan Roh Kudus maka kita akan bertahan menghadapi masalah dan tidak akan pernah terkejar oleh masalah.

Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar