Minggu, 07 Oktober 2012

KU NYATAKAN PERANG!


Ringkasan Firman Tuhan minggu 7 Oktober  2012

HAKIM-HAKIM 12:4-5

12:4 Kemudian Yefta mengumpulkan semua orang Gilead, lalu mereka berperang melawan suku Efraim. Dan orang-orang Gilead mengalahkan suku Efraim itu. Sebab orang-orang itu mengatakan: "Kamulah orang-orang yang telah lari dari suku Efraim!" -- kaum Gilead itu ada di tengah-tengah suku Efraim dan suku Manasye --.
12:5 Untuk menghadapi suku Efraim itu, maka orang Gilead menduduki tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan. Apabila dari suku Efraim ada yang lari dan berkata: "Biarkanlah aku menyeberang," maka orang Gilead berkata kepadanya: "Orang Efraimkah engkau?" Dan jika ia menjawab: "Bukan,"
            Ay.4...mengumpulkan....berbicara soal PERSEKUTUAN... Persekutuan terkecil adalah dalam nikah antara suami dan isteri. Nah... dalam kehidupan nikah kita bisakah suami dan isteri melayani bersama... makan bersama...dsb bersama?
Dalam nikah Tuhan menghendaki adanya KESATUAN atau PERSEKUTUAN bukan perceraian atau bukan tercerai berai.
            Ay.4...mengumpulkan.... juga sama dengan DIPANGGIL dari berbagai penjuru kota untuk mengadakan persekutuan. Saat ini kita dalam satu persekutuan seperti Kaki Dian Emas (KDE) dimana pokok dan carang-carang terjalin satu persekutuan yang sempurna.
            Dalam gereja ada terdapat 3 Panggilan:
KOINONIA  : PANGGILAN UNTUK BERSEKUTU
Bilangan 1:17-18
1:17 Lalu Musa dan Harun memanggil orang-orang yang tertunjuk namanya itu,
1:18 dan pada tanggal satu bulan yang kedua mereka menyuruh segenap umat berkumpul. Kemudian silsilah orang-orang Israel disusun menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, sedang nama-nama mereka yang berumur dua puluh tahun ke atas dicatat orang demi orang,
Angka 20 berbicara soal:
·         Usia yang sanggup berperang. Perang yang dimaksud .... KITA Perangi rokok, minuman keras..... Perangi segala kebiasaan buruk dll.
·         Hitungan tahun Yobel (thn pembebasan.)
1 yobel=50th
20th x 1 ybl (50th) = 1000th
1000th manusia = 1 harinya Allah.
Angka 50...pentakosta...Roh Kudus artinya Kuasa pembebasan itu berasal dari kuasa Roh Kudus.
Lukas 4:18-19
4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
            Jadi kehidupan yang bersekutu atau yang beribadah itu adalah termasuk pada orang-orang yang dipanggil. Bila kita mau bersekutu/ mau beribadah maka nama kita akan terdaftar dalam kitab Kehidupan Anak Domba Allah.

MARTURIA  : PANGGILAN UNTUK BERSAKSI
Yohanes 11:9 Jawab Yesus: "Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.
Angka 12= persekutuan.
Siang hari= terang atau ada kesaksian.
Jadi biarlah dalam persekutuan, kehidupan kita menjadi saksi bagi sesama.

DIAKONIA   : PANGGILAN UNTUK MELAYANI
Yohanes 11:9 Jawab Yesus: "Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.
Pelayanan....”Berjalan.....”...Tahbisan; orang yang melayani itu harus seperti:
2 Timotius 2:1-6,7-10
2:1 Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.
2:2 Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.
2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
2:4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.
2:5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga.
2:6 Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.
2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.
2:8 Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.
2:9 Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Allah tidak terbelenggu.
2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.
            Ay.28 Diatas menjelaskan bahwa kita bisa melayani semua karena pengorbanan Yesus jadi jangan pernah menyepelekan bahkan melalaikan pelayanan tapi biarlah kita MEMPERHATIKAN setiap pelayanan yang dipercayakan pada kita.

(Hakim) Ay.4...Gilead ditengah-tengah s.Efraim & s.Manasye...... Bagi kita ialah kita memang diutus ditengah-tengah serigala. Yaitu dikepung dengan masalah, persoalan atau mungkin ada orang yang tidak menyukai kita tapi jangan kita takut karena Roh memberi kita jalan keluar.
(Hakim) Ay.5.....menduduki tempat-tempat penyebrangan.... Kita diberi kuasa dari Tuhan untuk menduduki pos penting agar mengalahkan musuh dan menjadi berkat. Amin.


NB:
Untuk mengetahui seberapa banyak pembaca mohon mengisi komentar, suka, atau colekan, lebih baik juga jika disertai kesaksian anda atau berkat yang anda terima dari Firman Tuhan yang telah dibaca. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar