Jumat, 12 Oktober 2012


Ringkasan Firman Tuhan dalam ibdh. Pengucapan Syukur HUT Jemaat GPT “Kristus Raja”

Matius 12:38-42
Tanda Yunus
12:38 Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
Saat ini kita membutuhkan tanda untuk mengalami pertobatan yang sungguh! Yaitu tanda nabi Yunus artinya SALIB yaitu tanda Kematian & Kebangkitan. Tanda yang membawa kita sampai pada kedewasaan atau kematangan rohani.
1 Korintus 15:3-4,12-14
15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
15:4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;
15:12 Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati?
15:13 Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan.
15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.
Akhir-akhir ini gereja harus selalu memberitakan berita SALIB yaitu tentang kematian dan kebangkitan. Ingat harus berita kematian yang juga disertai berita kebangkitan karena jika berita kematian kita tidak disertai dengan kebangkitan maka sia-sialah pengikutan kita. Tapi syukur pada Yesus Ia mati tapi Ia juga bangkit sehingga kita juga akan mengalami hal yang sama.
Yunus telah mengalami pengalaman SALIB sehingga ia mampu menyampaikan Firman dan banyak orang diselamatkan. Begitu juga Hamba Tuhan harus mengalami SALIB agar mampu memberitakan Firman dan mengalami kuasa.

Mat 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Artinya Yunus adalah gambar bayang dari Yesus (Sudah digenapi).
Kisah 2:27
2:27 sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.
Bagian bumi paling bawah itu disebut dunia orang mati.
Dunia orang mati:
1.     Tempat siksaan bagi orang-orang berdosa =Hades=Gehena
2.    Tempat Penghiburan bagi orang-orang yang mati dalam Tuhan=Firdaus Lukas 16:25.
Jadi biarlah kita memandang pada SALIB Tuhan agar kita tahu tujuan hidup kita.

Mat 12:41-42
12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"
Tanda dari Raja Salomo,,,,Kalau Yunus adalah seorang Nabi maka Salomo adalah seorang Raja yang menyelamatkan bangsa kafir. Menggambarkan Yesus yang adalah sebagai seorang nabi maupun Raja, sebagai seorang nabi Ia ditolak didaerahnya sendiri begitupun Yesus tidak diterima oleh orang Yahudi atau bangsa Israel sehingga ia beralih untuk menyelamatkan bangsa kafir yaitu kita.
Dan lihatlah bahwa seperti ratu Syeba yang membutuhkan hikmat maka kita bangsa kafir kita membutuhkan hikmat!

Roma 10:19-21,11:11-14
10:19 Tetapi aku bertanya: Adakah Israel menanggapnya? Pertama-tama Musa berkata: "Aku menjadikan kamu cemburu terhadap orang-orang yang bukan umat dan membangkitkan amarahmu terhadap bangsa yang bebal."
10:20 Dan dengan berani Yesaya mengatakan: "Aku telah berkenan ditemukan mereka yang tidak mencari Aku, Aku telah menampakkan diri kepada mereka yang tidak menanyakan Aku."
10:21 Tetapi tentang Israel ia berkata: "Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada bangsa yang tidak taat dan yang membantah."
11:11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.
11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka.
11:13 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku,
11:14 yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan cemburu di dalam hati kaum sebangsaku menurut daging dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka.
Saat ini mereka belum berbalik pada Tuhan tandanya pintu anugrah masih terbuka sehingga kita gunakan kesempatan ini untuk kita bertobat, ajak saudara kita untuk bertobat sebelum pintu anugrah tertutup.
Saat bangsa Israel melakukan pelanggaran dan kekurangan itu merupakan kekayaan kita sebagai bangsa kafir jadi sangatlah kita bersyukur karena Tuhan sangat baik amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar