Kamis, 18 Oktober 2012

Mempelaiku kekasihku


Pendalaman Alkitab, Kamis, 18  Oktober 2012

MEMPELAIKU KEKASIHKU

YOHANES 21:20-25
21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
21:21 Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?"
21:22 Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."
21:23 Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan: "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."
21:24 Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.
21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.
Ada murid yang dikasihi, tidak disebutkan namanya bahwa itu adalah R.Yohanes tapi menurut penulisan dalam alkitab menunjukkan bahwa itu adalah R.Yohanes. Bukan juga Yesus yang menyebutnya dikasihi tapi murid-muridlah yang menilai demikian. Tapi bagi Yesus sendiri, Ia mengasihi semua murid-muridNya.
Beberapa fakta yang menunjukan bahwa Yohanes adalah murid yang dikasihi Tuhan:
  1. Ay 20....duduk dekat Yesus.....  Atau Yoh13:23..bersandar
Yesus memang mengasihi semua orang karena IA tidak pilih kasih tapi yang membuat Tuhan lebih mengasihi seseorang lebih dari yang lain karena posisi yang dekat dengan DIA.
Dekat dengan DIA....sama dengan melekat atau bersandar padaNya.
Seperti Tabut Perjanjian yang petinya menyatu atau melekat dengan tutup pendamaiaan. Peti gambaran gereja Tuhan (sidang Jemaat) yang adalah mempelai wanita Tuhan dan Tutupan pendamaian gambaran Yesus yang adalah mempelai Pria Sorga. Keintiman kita dengan Tuhan harus seperti ini; hubungan suami isteri yang disatukan oleh kasih. 
Mazmur 62:2,6-9
62:2 Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.
62:6 Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.
62:7 Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.
62:8 Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah.
62:9 Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. S e l a
Kalau kita mau dikasihi Tuhan maka kita harus lebih dekat dengan Tuhan seperti suami dan isteri ada dalam satu kesatuan. Bila hubungan suami isteri dekat dengan Tuhan maka ada ketenangan tapi jika hubungan suami isteri itu jauh dari Tuhan yang ada pasti hanya kekacauan. Saat kita dekat dengan Tuhan maka curahkanlah isi hatimu dan percayalah bahwa Ia akan memberikan jawaban lebih dari yang kita inginkan.
Mazmur 62:12-13
62:12 Satu kali Allah berfirman, dua hal yang aku dengar: bahwa kuasa dari Allah asalnya,
62:13 dan dari pada-Mu juga kasih setia, ya Tuhan; sebab Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya.
(Artinya Ia akan menjawab lebih dari yang kita minta.)

  1. Ay 24.... Kesaksiannya itu benar
Artinya biarlah kesaksian kita hanya tentang Yesus dan itupun harus BENAR, Yohanes selalu berkata benar makanya ia dikasihi Yesus berbeda dengan Petrus yang pernah berdusta bahkan menyangkal Yesus sehingga kasihnya harus dipulihkan kembali saat Yesus bertanya padanya sampai 3x.

Yohanes tidak memiliki cacat cela dalam pengikutannya sehingga ia benar dimata Tuhan.. (Yohanes= Yohanan= Allah suka mengampuni ).
Jadi jika kita mau menjadi yang dikasihi maka kita harus membawa diri semakin dekat pada Tuhan dan selalu berkata yang benar (suami isteri saling berkata jujur).


Apa yang akan terjadi dengan murid yang dikasihi Tuhan?
Ay.23 …murid itu tidak akan mati… (menurut pemikiran murid-murid).
Artinya Tuhan tidak membiarkan orang kudus melihat kebinasaan.
Kisah 13:34-35
13:34 Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.
13:35 Sebab itu Ia mengatakan dalam mazmur yang lain: Engkau tidak akan membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.
Jadi berusahalah menjadi mempelai wanitaNya dan yang dikasihiNya! Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar