Kamis, 25 Oktober 2012

Menjadi yang terkasih

Rinkasan Firman Tuhan dalam ibdh. Pendalaman Alkitab.

YOHANES 21:20-23
21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
21:21 Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?"
21:22 Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."
21:23 Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan: "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."

Pada zaman Yesus ada 3 murid yang menonjol yaitu:
Petrus               : Pengharapan
Yakobus          : Iman
Yohanes           : Kasih
Perjalanan umat manusia:
  1. Adam-Abraham yaitu zaman Mula-mula (zaman Bapa)
  2. Abraham-Ked. Yesus pertama yaitu zaman pertengahan (zaman Anak).
  3. Ked.Yesus pertama-Pengangkatan gereja yaitu zaman Roh Kudus.

Yang dikasihi dalam Zaman Allah Bapa:
1.   HABEL-Kejadian 4:3-5
Tuhan mengasihi Habel tandanya Ia mengindahkan pelayanan Habel. Artinya  yang berhak menilai pelayanan kita adalah Tuhan. Sehingga bukan urusan kita tentang siapa yang hendak dikasihiNya.
Harga yang harus ia bayar yaitu kematiannya. Artinya jika kita mendapat kasih dari Tuhan maka iblis akan cemburu dan berusaha membunuh kita jadi kita harus sangat berhati-hati.
2.   NUH-Kejadian 6:8,9
Mengapa Nuh dikasihi? karena ia tidak bercela dan hidupnya benar. Hidup benar ini bicara soal pribadi bukan hanya sekedar nampak benar tapi sesungguhnya hati itu jahat, tidak! Tapi benar itu adalah seluruh kehidupan yang memang benar baik hati pikiran tingkah laku dsb itu benar.
 
Yang dikasihi dalam Zaman Pertengahan:
1.   ISHAK-Kejadian 21:8-11
Mengapa Ishak? Karena ia adalah anak perjanjian, ia yang menjadi ahli waris dari seluruh apa yang menjadi milik Abraham.
2.   YUSUF-Kejadian 37:3

Yang dikasihi dalam Zaman Roh Kudus:
YOHANES yaitu gambaran mempelai wanita Tuhan.

Jadi seseorang akan menjadi lebih dikasihi Tuhan itu tergantung dari bagaimana setiap kehidupan itu dihadapan Tuhan.

Yoh 21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
......sedang mengikuti......
1.     Artinya dilihat dari sepak terjangnya Yohanes sehingga ia dikasihi ialah KESETIAANnya yang sejak dipanggil sampai kematian bahkan sampai kebangkitan Yesus, Yohanes tetap setia ikut Yesus. Jadi SETIA sampai akhir (sampai mati) adalah kunci pertama untuk menjadi yang terkasih.
Wahyu 2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.
Yaitu saat dalam kesetiaan kita akan diperhadapkan dengan masalah atau tantangan dan saat seperti itu kita diminta untuk tetap setia.
2.    Artinya ikut dalam pergerakan Firman dan Roh Kudus. Tidak diam dan tidak pasif, tapi melihat arah tujuan Firman itu bergerak. Dalam tabernakel ini terkena pada Tabut perjanjian yaitu tepat pada shekina glori (hadirat Allah). Jadi kita ikut dalam pergerakan Firman dalam kemuliaan, ikut pergerakan Roh Kudus dan Bapa dalam kemuliaan. Sehingga inilah puncak dari pengikutan kita.
3.    Artinya berada dekat dengan Yesus.  
Yohanes 13:23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.
Hubungan ini adalah hubungan yang paling istimewa atau yang paling intim. Sehingga bahasanya itu adalah bahasa kasih. Tidak ada kebencian, tidak ada dendam, tidak ada iri hati. Hubungan ini juga adalah hubungan yang paling khusus. (Dilihat secara jasmani) Jika seorang hamba tidak akan mungkin bersandar pada tuannya, begitu juga dengan hubungan persahabatan pasti tidak akan sedekat itu pasti hanya sebatas saling berbagi masalah ataupun senang, murid dan guru juga hanya sebatas nilai, tapi berbeda dengan suami-isteri atau hubungan mempelai.
Yohanes 3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh. Hubungan mempelai ialah saling memiliki jadi mari kita periksa bagaimana hubungan kita dengan Tuhan saat ini.

Yohanes 21:22  Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."
Yohanes 11:25-26
11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
11:26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"
Artinya Tuhan menjamin kehidupan kita. Karena Ia adalah kebangkitan dan hidup. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar