Sabtu, 09 November 2013

Bertobat dan Bertekun

PA. Kamis, 7 Nov 2013

Kisah Rasul 2:37-47

Setelah kita mempelajari bahasan tentang Roh Kudus menguasai Panca Indera dan Pikiran akal dan hati, sekarang kita lanjut pada bahasan yang ketiga yaitu:

  1. Ay. 37-47  Roh Kudus menguasai perbuatan-perbuatan kita (Gaya hidup gereja).
Jika berbicara mengenai perbuatan-perbuatan maka ada sangkut pautnya dengan anggota tubuh yaitu kedua tangan kita. Jadi tangan ini merupakan simbol perbuatan-perbuatan yang kita lakukan dalam hidup ini.
a. Perbuatan tangan yang pertama: BERTOBAT (ada perubahan karakter pribadi), kis 2:37-38
Kita lahir itu hanya sekali tapi untuk bertobat itu setiap saat, kapan? Saat kita mendengar Firman, dikala Firman menegur kita, saat Firman menyatakan dosa kita dsb maka harusnyalah kita bertobat. Karena pertobatan itu timbul dari hati yang tersentuh oleh Firman, jika kita mendengar Firman hanya sekedar jadi pengetahuan maka tidak akan pernah terjadi pertobatan sehingga hati kita akan terus dalam kejahatan Markus 7:20-23 7:20 Kata-Nya lagi: "Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, 7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, 7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. 7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang."
Jadi jika hati manusia itu ditandai dengan 12 perkara najis atau hati yang bersekutu dengan perkara-perkara najis maka sangat penting bagi kita untuk mendengar Firman yang dalam pengurapan Roh Kudus, dan ini juga menjadi tugas penting bagi Hamba-hamba Tuhan untuk memberitakan Firman dalam urapan Roh Kudus.
Hati kita bagaikan meja (MRS) yang harus diisi dengan roti yaitu Firman Allah yang hidup ibrani 4:12-13 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
4:13 Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.
.
Apa definisi bertobat? Tinggalkan dosa dan berbalik pada Allah serta melakukan apa yang menjadi kehendak Allah.
Dan tanda pertobatan adalah Baptisan air matius 3:11,
-          Dimana orang meninggalkan manusia lamanya dan hidup baru dalam Kristus 2 Kor 5:17.
-          Dimana orang menerima jalan keselamatan kis 2:40,47.
Gereja Tuhan harus penuh dengan jiwa-jiwa yang diselamatkan! Jangan biarkan kita beribadah dan ada dalam gereja tapi hidup kita masih tetap dalam kenajisan atau kita tidak mau respon terhadap Firman karena ibadah kita akan sia-sia sebab tidak menghasilkan pertobatan. Oleh sebab itu terimalah Firman Allah! Karena Allah tidak pernah merancangkan kelekaan bagi kita tapi IA menyiapkan keselamatan.
Saat kita mengalami lahir baru maka kita menjadi anak-anak Allah yang berhak mewarisi kerajaan Allah, jadi hidup kita meningkat dari hamba dosa menjadi anak-anak Allah.
  1. Perbuatan tangan II: BERTEKUN dalam persekutuan (3 Sistem ibdh) ini merupakan perubahan hidup secara berjemaat. Kis 2:41-47
Apa yang kita tekuni dalam ibadah?
Pengajaran (MRS), untuk membawa kita banyak tahu apa yang dikehendaki Tuhan, semakin mambawa kita banyak mengetahui dan mengenal Allah. Persekutuan (KDE) dan dalam doa (MDE).
Hasil dari hidup dalam persekutuan adalah ay.45 tidak lagi terikat dengan hati yang kikir.

Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar