Senin, 04 November 2013

KEMBALILAH........

Minggu, 3 Nov 2013
Hak 17:7-13
PANGGILAN LEWI

Seorang muda dari suku Lewi menerima tawaran Mikha untuk melayani Mikha diKuilnya dalam penyembahan kepada patung dan pelayanannya diberi imbalan. Dilihat dari Firman Tuhan suku Lewi dikhususkan Tuhan untuk melayani Tuhan jadi sangat jelas orang muda di atas telah mengambil langkah yang sangat salah.
Bilangan 3:5-9
Tugas Lewi:
       Melayani Tuhan
       Merawat perabotan Kemah pertemuan.
       Mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan Kemah Pertemuan (Tabernakel).

1. Melayani Tuhan.
Jika dulu suku Lewi ditugaskan untuk melayani Imam Besar Harun tapi bagi kita saat ini, kita ditugaskan untuk melayani Imam Besar Agung kita yaitu Yesus Kristus. Kehidupan kita yang melayani sangkor, musik, singers, pimpin pujian, merawat gereja dsb itu kita lakukan bukan untuk gembala gereja tapi untuk Tuhan Yesus Kristus sebagai Imam Besar kita.
Yesus Kristus sebagai Imam Besar kita mampu merasakan apa yang kita rasakan, IA tahu kalau nikah kita sedang bermasalah, IA tahu kalau kita sedang sakit, IA tahu segala kelemahan kita jadi jangan sekali-kali kita menyakiti hati Tuhan, Ibrani 4:14-15 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. 4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
Saat ini bila kita dipilih Tuhan untuk masuk dalam pelayanan-Nya sebagai seorang imam-imam maka itu adalah kasih karunia yang harus kita jalani dan jaga baik-baik sampai kita bisa melayani DIA di kota Yerusalem Baru.

2. Merawat Perbotan Kemah Pertemuan (Bil 3:8).
Tugas kita dalam rumah Tuhan adalah menjaga perabotan milikNya, apakah perabotan rumah Allah? Yaitu kehidupan setiap sidang jemaat, 2 Timotius 2:20.
Sebagai pelayan Tuhan maka kita harus menjaga jiwa-jiwa, jangan sampai menyakiti hati mereka, walaupun kita harus menghadapi sifat mereka yang bermacam-macam (pemarah, egois, kasar, lembut, cerewet, lemah, kuat, bengis dsb) tapi kita harus terus melayani mereka sampai benar-benar menjadi perabot rumah Allah yang disaluti dengan emas.

Lewi artinya lebih erat lagi kepadaKU, Kejadian 29:34. Nama ini diberikan Lea saat ia melahirkan anak laki-laki sehingga ia merasa lebih erat lagi dengan suaminya. Dalam hubungan nikah kita baik dengan suami ataupun isteri kita sebaiknya lebih erat lagi sampai Tuhan datang.

Hak 17:7-8
Orang muda dari suku Lewi ini keluar dari Betlehem yang berarti rumah roti. Rumah itu gambaran persekutuan dan roti itu gambaran Tuhan Yesus Kristus  (Yoh 6:35a, 48,51) dalam persekutuan dengan Tuhan maka kita akan menerima roti hidup. Tapi jika kita keluar dari persekutuan dengan Tuhan maka kita akan rugi!
Lewi di atas seorang anak muda, ini gambaran kehidupan rohani kristen yang belum matang/ belum dewasa (Ef 4:13-14). Jika kita sudah dewasa rohani maka kita tidak akan mudah tersinggung, kita tidak akan mudah marah dan kita tidak akan mudah terombang-ambing dengan berbagai pengajaran.
Orang muda tersebut keluar dari Betlehem... Keluar.... Ini artinya kehidupan yang tidak tertanam dalam penggembalaan, datang beribadah hanya setahun sekali, beribadah dengan pindah-pindah gereja sehingga kehidupan tersebut tidak pernah bertumbuh dan tidak ada harapan untuk menjadi dewasa.
Yang ditemui oleh anak muda tersebut adalah Mikha yang memberi dia tempat, pelayanan dsb,,,, nampak seperti indah tapi sesungguhnya itu adalah pelayanan yang palsu, tuhan yang palsu.

Mzr 92:13-16
Berbeda dengan orang yang mau tertanam dalam penggembalaan, hidupnya akan selalu bertumbuh sampai berbuah. Serta mampu menyaksikan kebenaran Tuhan dan kekuatan Tuhan.

Yoh 10:11,14,9
Ketika kita tertanam dalam penggembalaan maka Yesus sebagai gembala agung bertanggung jawab atas nyawa kita, berbeda jika kita meninggalkan Betlehem atau meninggalkan penggembalaan maka kita akan mengalami kematian seperti yang di alami Naomi dan suaminya, saat mereka meninggalkan Betlehem pergi keMoab (gbrn hidup duniawi) maka suami dan anak-anaknya mati.

Hak 17:9
...kemana saja.... Ini gambaran kehidupan yang berjalan tanpa kepastian dan tanpa tujuan yang pasti. Jadi sangat penting untuk kita beribadah sesuai dengan pola yang memiliki tahapan, memiliki jalan dan tujuan/ sasaran yang pasti yaitu sampai menjadi mempelai wanita Tuhan dan menyatu dengan Kristus dalam kemuliaanNya di Yerusalem baru.
Lewi ini keluar.... Gambaran kehidupan yang keluar meninggalkan panggilan pelayanan seperti Yunus. Saat ia meningggalkan pelayanan maka yang ia hadapi adalah:
  1. Angin badai yang  terjadi atas ijin Tuhan.
  2. Dicampakkan kedalam laut
  3. Ditelan ikan besar/ antikris
Bagaimana jika kita sudah terlanjur meninggalkan pelayanan? Saat ini kesempatan untuk kembali..... Jangan tunggu lama-lama sampai terlambat.... Kembalilah.....
Bagaimana caranya untuk kembali? BERDOA, MENYEMBAH... Dan bertobat.... Maka Tuhan akan mengeluarkan kita dari perut ikan, mengeluarkan kita dari kuasa antikris, membebaskan kita dari ancaman masa antikris. Tuhan Yesus Memberkati, Amin.



By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar