Senin, 04 November 2013

Merubah Tujuan kita Beribadah.........

Study Ibdh. PA, Kamis, 24 Okt ‘13

Kisah Para Rasul 2
Ay.24-28,32 Berita Kebangkitan Yesus
Berita tentang kebangkitan Yesus ini merupakan berita yang sangat penting.
Paulus menyimpulkan tentang kebangkitan:
  1. Kebangkitan Yesus
  2. Kebangkitan kita
  3. Kebangkitan tubuh

Ay.24 Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.
Kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa Yesus Kristus tidak mungkin dan mustahil Dia berada dalam kuasa maut. Berarti sekali lagi berita kebangkitan Yesus ini adalah berita yang sangat PENTING!. Bagaimana seharusnya perasaan kita? Sangat patut kita untuk berbahagia karena kita memiliki Tuhan yang hidup sehingga kita yang percayapun akan mengalami kebangkitan.
Saat Yesus mati maka IA berada dimana? IA masuk kedalam alam maut tempat dimana penuh dengan kesengsaraan dan penderitaan maut- 1 Kor 15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, (4) bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;
Oleh sebab itu kita harus bersungguh-sungguh dan jangan main-main dengan hidup sekarang ini, jangan main-main dengan ibadah kita agar kita tidak binasa dan masuk kedalam alam maut. Semua orang yang meninggal menuju ke alam maut tapi sesuai dengan Firman Tuhan tentang Lazarus yang miskin maka kita percaya bahwa orang yang mati dalam Tuhan tidak akan masuk dalam alam maut sedangkan orang kaya gambaran orang yang fasik/ jahat itu langsung masuk kedalam alam maut yang penuh kesengsaraan.
Yesus masuk kedalam alam maut, apakah berarti IA berdosa? Tidak! Karena IA mati untuk dosa-dosa kita dan saat IA berada dalam alam maut selama 3 hari itu, IA memberitakan Injil- 1 Pet 3:18-20,4:6. Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, 3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, 3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.
Sungguh Yesus adalah Tuhan yang amat baik karena orang yang sudah mati bertahun-tahunpun IA perhatikan dan IA kasihi apalagi kita yang masih hidup saat ini. Jadi jangan sia-siakan kasih Kristus!

Matius 27:50-53
Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.
27:51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,
27:52 dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.
27:53 Dan sesudah kebangkitan Yesus, mereka pun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.
Kebangkitan Yesus merupakan suatu hal luar biasa dasyat karena saat dimana IA mati dan bangkit alam maut tergoncangkan dan semua orang-orang kudusNya yang telah meninggal turut dibangkitkan lalu masuk kekota kudus.
Disini kita tahu bahwa Yesuslah yang memegang kunci kerajaan maut sehingga IA yang berkuasa untuk membuka dan menutupnya. Jadi biarlah ibadah kita akhir-akhir ini kita kerjakan dengan tekun, dengan penuh pengharapan akan kebangkitan dan hidup kekal bersama DIA tapi sangat disayangkan jika ibadah kita hanya sampai pada pengharapan akan kesembuhan, pengharapan akan berkat yang melimpah, rubahlah itu! Karena ibadah kita bukan hanya sebatas itu.

2. Kebangkitan kita
1 Kor 15:12-34
                Paulus memberikan sanggahan pada orang-orang yang masih tidak percaya bahwa Yesus telah bangkit dan orang-orang yang percayapun akan turut bangkit. Sangat penting bagi kita saat ini beribadah dengan tujuan dan harapan akan memperoleh kebangkitan dan hidup kekal, jangan sampai tujuan ibadah kita akhir-akhir ini hanya sebatas untuk diberkati, hanya sebatas untuk disembuhkan sungguh hal ini sangat disayangkan, jadi sekali lagi, rubahlah tujuan ibadah kita saat ini dengan mengharapkan suatu kebangkitan dan hidup kekal bersama DIA.

3. Kebangkitan tubuh
1 Kor 15:35-58
Ini merupakan proses kebangkitan kita yang digambarkan Paulus dengan kebangkitan tubuh.

Kesimpulan:
Kebangkitan kita/ kebangkitan tubuh terjadi pada tahap kedatangan Yesus sebelum masa aniaya besar.
1 Tes 4:13-18, why 20:4-6
1 Tes 5:1-3

Tuhan Yesus Memberkati, amin.



By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar