Selasa, 21 Mei 2013

JANJIMU SEPERTI FAJAR PAGI HARI


Ibadah Biston.
YOSUA 21:43-45
Dibagi dalam 3 Topik:
  1. Ay.43 Jadi seluruh negeri itu diberikan TUHAN kepada orang Israel, yakni negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah untuk diberikan kepada nenek moyang mereka. Mereka menduduki negeri itu dan menetap di sana.
                Tuhan memberkati
Tuhan memberkati bgs. Israel dengan memberikan seluruh tanah Kanaan kepada mereka. Tanah Kanaan itu bukanlah milik orang Israel tapi milik orang Palestina, Tuhan berjanji pada mereka akan memberikan negri itu bagi mereka. Jika dilihat dari awalnya maka nenek moyang bangsa Israel adalah Abraham yang mana ia dipanggil keluar dari negrinya dan harus tinggal dinegri yang bukan miliknya sampai ia berkembang menjadi bangsa yang besar sampai dimana bangsanya menjadi terbuang dan menjadi orang asing diMesir sehingga Tuhan berjanji akan membebaskan mereka dan akan memberikan mereka suatu negri yang berlimpah susu dan madu yaitu gambaran dari berkat rohani yang berkelimpahan.
Jadi sebenarnya bangsa Israel itu awalnya mereka tidak memiliki apa-apa mereka hanya mengikuti apa kata Tuhan. Begitu juga dengan kehidupan kita jika dilihat dari awalnya kita ini tidak punya harapan, tidak punya apa-apa tapi Tuhan berjanji bagi kita lewat FirmanNya bahwa jika kita mengikuti setiap apa kata Tuhan maka IA akan memberkati kita, IA akan membuat kita sukses, terlebih dari itu IA menyediakan kita tempat yang MAHA INDAH.
Roma 8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.
Jadi yang utama dari semua berkat yang ada adalah dimana kita akan menerima kemuliaan  yang menutupi segala penderitaan yang kita alami. Karena kemuliaan itu tidak ada tandingannya dengan harta apapun yang ada didunia ini, jangan seperti orang kaya yang begitu menikmati hartanya sampai tidak mengasihi Lazarus yang miskin sehingga yang ia terima adalah siksaan dialam maut, sebaliknya Lazarus yang menderita sampai akhir hidupnya tapi Tuhan menggantikannya dengan kemuliaan.
Roma 8:19 Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan.
Banyak orang yang merindukan kedatangan Tuhan karena dunia semakin menyakitkan, semakin menakutkan, tidak ada lagi kenyamanan dan keamanan.
Saat ini pertanyaan bagi kita apakah kita merindukan kedatangan Tuhan?... Jangan hanya sekedar RINDU tapi biarlah kita membawa hidup kita beribadah dan bersekutu dengan FirmanNya, bersekutu dengan Roh Kudus dan berdoa menyembah Dia karena sia-sialah kita merindu tapi kita tidak pernah beribadah, tidak pernah berdoa dsb.

Jadisekali lagi berkat yang diterima oleh bgs. Israel sebelumnya bukanlah milik mereka.
Yohanes 4:37-38
4:37 Sebab dalam hal ini benarlah peribahasa: Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
4:38 Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan; orang-orang lain berusaha dan kamu datang memetik hasil usaha mereka."
                Jadi hal ini akan kita alami jika kita mau taat, dengar-dengaran dan melakukan FirmanNya.  

  1. Ay.44 Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka.
                Tuhan mengaruniakan kemanan
Efesus 1:13-14
1:13 Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.
Saat kita menjadi orang percaya, mendengar Firman, percaya pada Firman dan melakukan Firman serta percaya akan kuasa Roh Kudus maka saat itu juga kita sudah memiliki jaminan keslamatan.
Jadi ingatlah! Jangan pernah bermain-main saat mendengar Firman Tuhan.

  1. Ay.45 Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.
                Tuhan adalah pribadi yang menepati janji
Jika Allah berjanji maka IA akan menggenapi semuanya dengan segala yang terbaik oleh sebab itu janganlah kita kuatir. Satu hal lagi jika Tuhan sudah memberikan yang terbaik bagi kita saat ini yaitu NAFAS HIDUP maka apa yang sudah berikan bagi Tuhan? Apakah sudah kita berikan segala yang terbaik dalam hidup kita?
Renungkanlah......... amin.


By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar