Kamis, 09 Mei 2013

Etape kesurga


Ibadah Kenaikan Yesus Kristus Ke Surga

Pribadi Yang sudah dipastikan akan mendapat tempat disurga:
  1. Abraham
  2. Ishak
  3. Yakub
  4. Para Nabi.
  5. Lazarus yang miskin
Serta akan ada banyak lagi yang tak terhitung dan semoga kita termasuk didalamnya.

4 oknum yang sudah terangkat kesurga:
  1. Henokh
  2. Musa
  3. Elia
  4. Yesus Kristus

Ke-4 oknum diatas disurga disimbolkan dengan ke-4 mahluk sebagai berikut:
  1. Singa= Yesus
  2. Anak domba= Musa
  3. Anak manusia= Elia
  4. Burung Nazar= Henokh

Ke-4 oknum diatas juga terkena pada tiang pintu Tirai, mengapa? Karena ini merupakan proses terakhir untuk mengalami pengangkatan yaitu mengalami perobekan daging.
Seperti Henokh yang selalu bergaul dengan Allah bahkan sampai 300 thn lamanya; Musa yang harus meninggalkan tahtanya sebagai pengeran Mesir dan menjadi seorang hamba yang menggembalakan domba dipadang sampai harus membawa bangsa Israel keluar dari tanah mesir; Elia yang harus mengalami banyak tantangan dalam pelayanannya sampai pada puncaknya yaitu mengalami masa kekeringan selama 3 ½ thn; dan terakhir Yesus yang tiada tandingannya karena Ia sampai mengalami kematian hanya untuk menebus dosa-dosa kita.

Kali ini kita akan belajar dari pribadi ELIA saat ia TERANGKAT kesurga.

2 Raja-raja 2:1-18
4 Etape/ tahapan Menjelang Elia terangkat kesurga.
  1. Gilgal ke Betel
  2. Betel ke Yerikho
  3. Yerikho ke Yordan
  4. Yordan ke Surga

Gilgal
Apa itu Gilgal?
(Yosua 5:8-9) Perintah untuk disunat dan mengadakan paskah artinya KELEPASAN dan KEBEBASAN.
                Jadi melewati Gilgal lebih dulu artinya langkah awal kita untuk mengalami pengangkatan adalah kita harus mengalami kelepasan dan kebebasan dari segala pengaruh dunia ini seperti yang dikatakan dalam Firman Tuhan bahwa jangan kita mengasihi dunia ini karena dalam dunia ada keangkuhan hidup, keinginan daging dan keinginan mata yang membawa kepada kebinasaan.
Hati-hati! Banyak orang yang tidak selamat karena mengasihi dunia ini seperti saat di zaman Bapa hanya 8 orang yang selamat yaitu Nuh sekeluarga kemudian dalam kisah Lot hanya 3 orang yang selamat, semakin bertambahnya zaman berkurang jumah orang yang selamat bagaimana dengan zaman kita?
Lukas 17:34 Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.
17:35 Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan." hanya 1 yang selamat yaitu 1 tubuh Kristus. Jadi jika gereja atau jika kehidupan kita mau terangkat kesurga/ mau selamat maka biarlah membawa hidup masuk dalam satu kesatuan tubuh Kristus.

Melewati Gilgal juga artinya kita harus mengalami penyunatan yaitu baptisan Air yang mana kita membuang segala tabiat hidup kita yang lama diganti dengan gaya hidup yang baru yang telah disucikan atau mengalami penyucian hati.

BETEL
Apa itu Betel? Rumah ibadah.
                Setelah kita mengalami kelepasan dan pembebasan serta penyucian hati maka biarlah kita terus membawa hidup kita untuk beribadah kepada Tuhan. Seperti saat dimana Yakub melihat pintu gerbang surga sehingga ia menetapkan nama tempat itu Betel maka bagi kita saat ini adalah saat dimana kita beribadah saat itu kita sedang memandang pintu gerbang surga. Ibadah itu tidak perlu dipaksakan dan jangan sampai terpaksa karena ibadah merupakan suatu penyerahan diri kita kepada Tuhan.

Yerikho
Apa itu Yerikho?
Di Yerikho telah didapati banyak kelemahan dan dosa tapi semua mengalami pemulihan seperti:
Dosa Rahab wanita sundal, Dakan mencuri, kematian, dosa kebutaan rohani/ kegelapan (orang buta), perampokan (orang Samaria yang murah hati), ada korupsi (zakheus). 
Jadi langkah kita ini harus terus maju sampai mengalami pemulihan dari segala dosa karena upah dosa itu adalah maut .

Yordan
Apa itu Yordan? Kemenangan
Kunci kemenangan adalah kita harus tinggikan Firman Pengajaran dan mentahbiskan diri untuk melayani Tuhan.
Demikian etape atau tahapan Elia sebelum terangkat kesurga, biarlah tahapan kelepasan dan kebebasan, beribadah, pemulihan serta kemenangan ini kita juga menjalaninya niscahya saat Tuhan datang kita turut terangkat kesurga.

Bagaimana dengan Elisa?
(2 Raja-raja 2:6) MENGASIHI DAN SETIA. 
Buah kesetiaan Elisa yaitu menerima tongkat estafet Elia, ia menjadi nabi menggantikan Elia.
Hari Kenaikkan Elia kesurga merupakan rahasia umum (ay. 3, 5), begitu juga hari kenaikkan Yesus, IA sudah lebih dulu memberitahu murid-muridNya saat inipun kita harus yakin bahwa hari pengangkatan gereja Tuhan pasti akan diberitahukan bagi kita seperti yang nyatakan dalam FirmanNya bahwa IA tidak akan melakukan sesuatu tanpa memberitahukannya kepada hamba-hambaNya atau kepada orang terdekatNya. Biarlah kita selalu dekat dengan Tuhan agar jika tiba waktunya Tuhan mengangkat gerejaNya kita sudah siap. Amin.

By. Pdt. Rudolf Labok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar