Kamis, 23 Mei 2013

JAGA PERKATAAN


Ibadah Pendalaman Alkitab
Kisah Para Rasul 2:1-47
  1. Ay. 1-13 Roh Kudus Menguasai Panca indera (Kepala). Yaitu: MULUT –ay.4
Kisah Para Rasul 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
Dari mana kita melihat atau kita tahu bahwa Roh Kudus menguasai seseorang? Yaitu dari bagaimana ia berkata-kata.
Seperti yang dialami oleh 120 murid saat dipenuhi oleh Roh Kudus maka mulut mereka berkata-kata dengan bahasa asing, bahasa yang tidak pernah mereka pelajari sebelumnya. Ini yang namanya karunia bahasa Roh yang merupakan tanda bagi orang yang tidak beriman 1 Korintus 14:22 Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman.
Jadi bahasa Roh itu merupakan karunia bagi kehidupan orang percaya atau orang beriman. Lewat karunia ini Roh Kudus menyatakan segala kehendakNya bagi umatNya dan lewat karunia ini kita berkata-kata dengan Tuhan.
1 Korintus 14:1-2
14:1 Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.
14:2 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorang pun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.
Kecuali jika ada seseorang yang diberi karunia untuk menafsirkan bahasa tersebut.
Jadi jika untuk kepentingan orang banyak adalah lebih baik jika kita menggunakan karunia nubuatan agar dapat membangun iman orang lain seperti yang dikatakan dalam 1 Korintus 14:3-4 yaitu 14:3 Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur. 14:4 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

4 karunia berkata-kata:
1 Korintus 12:8-9
  1. Berhikmat
Perkataan hikmat itu mengandung kekuatan seperti yang dialami oleh raja Salomo saat menghadapi masalah dua wanita yang memperebutkan seorang anak.
  1. Berpengetahuan
Perkataan yang berpengetahuan sama dengan perkataan yang penuh pengajaran.
Maleaki 2:6-7
2:6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
2:7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.
1 korintus 12:10
  1. Berbahasa Roh
  2. Menafsirkan bahasa Roh

1 Korintus 1:22-23
Jadi bahasa Roh atau karunia ini merupakan tanda bagi orang yang tidak beriman karena mereka adalah orang-orang yang hanya menginginkan tanda baru mereka percaya.
Dalam kehidupan sehari-haripun kita megalami hal ini yang mana banyak orang yang tidak beriman menuntut tanda dari kita kalau memang kita mempunyai Allah yang benar sehingga sangat penting bagi kehidupan kita untuk menunjukkan tanda lewat keubahan hidup kita yang semakin baik.
Setelah Tuhan memberikan kita karunia maka tugas kita adalah MENJAGA dan MEMELIHARAnya jangan sampai kita dicela oleh Allah seperti dalam imam-imam dalam kitab Maleaki yang mulutnya tidak lagi ada pengajaran Firman.
Saat ini biarlah kehidupan kita selalu menjaga perkataan mulut kita jangan sampai ada kata-kata kotor lagi yang kita ucapkan.
Konsekuensi bagi orang yang menerima karunia berkata-kata dalam bahasa Roh adalah siap menerima ejekan, olokkan dan hinaan Kisah Rasul 2:12-13, 2:12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya ini?"
2:13 Tetapi orang lain menyindir: "Mereka sedang mabuk oleh anggur manis."
Adalah lebih baik jika kita yang menerima hinaan daripada kita yang menghina Roh Kudus.

Fungsi Roh Kudus
Roma 8:26-28
8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
8:27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.
8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
1 petrus 4:11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar