Kamis, 31 Januari 2013

KAU TAK PERNAH SENDIRI


KISAH PARA RASUL 1:6-11

1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"
1:7 Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
Secara fisik kerajaan Israel telah terbentuk. Sehingga yang dimaksud Tuhan dengan kerajaan bagi Israel bukan lagi secara fisik tapi yang Tuhan maksudkan adalah KERAJAAN KRISTUS sehingga kita tidak perlu tahu kapan itu terjadi karena semua itu ditetapkan oleh Bapa sendiri.
1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Tuhan membawa murid-murid mengerti bahwa kerajaan itu akan terbentuk oleh kuasa Roh Kudus dimulai dari wilayah Yerusalem-Yudea-Samaria-ujung bumi. Dan kerajaan ini sudah menyebar sampai pada kehidupan kita karena kita sudah menerima Pemberitaan Injil.
Sehingga setiap kehidupan kita yang mengabarkan pemberitaan Injil sama dengan kita telah turut membangun kerajaan Kristus dan kehidupan yang menerima Firman dan bertobat adalah bagian dari Kerajaan Kristus.
Kerajaan Kristus yang terdiri dari orang-orang yang telah ditebus dengan darah Yesus Kristus akan datang memerintah kerjaanNya dibumi kerajaan 1000th damai (1hr Allah) dan kemudian akan dilanjutkan dalam Yerusalem Baru.

Kita terus dalam bahasan:
  1. Saksi-saksi dari peristiwa kenaikan Yesus
  2. Yesus terangkat kesurga
  3. Janji tentang kedatanganNya kembali

  1. Saksi-saksi dari peristiwa kenaikan Yesus.
Yang menyaksikan kenaikan Yesus Kristus ada sebanyak 120 orang. Selain mereka ada juga 2 orang yang berpakaian putih (ay.10). Dengan saksi sebanyak ini apakah kesaksian kenaikan Yesus ini perlu diragukan? Tidak! Karena yang menyaksikannya sudah lebih dari 2 org. Jadi kesaksian ini BENAR!
Kesaksian yang benar itu jika:
a)    Dilihat dengan mata dan mendengar dengan telinganya sendiri.
2 Petrus 1:17-18
1:17 Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
1:18 Suara itu kami dengar datang dari sorga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus.
Saat ini kita membutuhkan saksi-saksi yang benar, saksi yang melihat sendiri dan mendengar sendiri. Firman yang kita saksikan jangan hanya dari kata orang tapi harus kita renungkan, kita baca, lihat isinya, rasakan, praktekkan dan alami kemudian disaksikan. Seperti yang dialami oleh R. Yohanes saat dipulau Patmos (why 10:8-10), ia harus bertindak untuk pergi mengambil kitab lalu memakan dan merasakannya, artinya kita harus terlebih dulu merasakan ketajaman Firman.
b)    Angka 120: angka tamatnya daging.
Kejadian 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."
Jika kita mau menjadi saksi yang benar maka kita harus benar-benar sudah mematikan segala tabiat daging. Tabiat daging adalah segala sifat yang jahat, kasar, emosional dsb... Sifat seperti ini tidak akan membuat Roh Tuhan tinggal didalamnya tapi jika menamatkan segala tabiat daging ialah dia yang sudah dapat menahan emosi, tidak kasar dsb sehingga walaupun hidup dalam raga/ tubuh (daging) tapi karena sudah dibaharui maka RohNya akan tinggal dalam kita Galatia 5:24-25 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
c)   Angka 120 juga berbicara soal tahun Yobel/ tahun pembebasan. Jadi jika mau jadi saksi Kristus yang benar juga maka harus lebih dulu mengalami pembebasan agar hidup kita memuliakan Allah.
1 Korintus 6:19-20
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

2.   Yesus terangkat kesurga
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
120 org mewakili penghuni bumi.
2 saksi lain mewakili penghuni sorga.
1 Yohanes 5:6-7
5:6 Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.
5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
Siapa 2 saksi tersebut? Saksi didalam sorga yaitu Bapa dan Roh Kudus. Dalam tabernakel terkena tabut perjanjian tepatnya adalah 2 kerub.
Ay.11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Kata “meninggalkan kamu” diatas bukan berarti Yesus meninggalkan kita sendirian tapi itu adalah waktu 10hr dimana setelah Yesus terangkat, murid-murid menantikan Roh Kudus di atas loteng Yerusalem. Jadi hanya sesaat saja seperti yang Ia katakan dalam Yohanes 14:18-19,16 14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.
14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.
14:20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
            Jadi Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sendirian sebaliknya kitalah yang seringkali maninggalkan Dia. Saat ini jika kita merasa sendiri, merasa asing sadarilah semua bukan karena Tuhan meninggalkan kita tapi sesungguhnya iblislah yang sedang menipu hati kita. Sebab itu ingatlah selalu Roh Kudus ada bersama dengan kita, menolong kita,,, kita bukan yatim piatu.

3.   Janji tentang kedatanganNya kembali
Kedatangan Tuhan terjadi 2 tahap:
a.     Tahap I... Ia turun dalam awan-awan permai tapi tidak langsung kebumi karena manusia yang hidup dan telah mati dalam Tuhan akan diubahkan sekejap dan terangkat kemudian mengalami pertemuan diudara/ diangkasa. Ini adalah tindakan penyelamatan yang dilakukan Tuhan karena masa aniaya antikris segera dimulai.
b.     Tahap  II... Ia turun menapakkan kaki diatas gunung Zaitun dan terjadi perang harmagedon.
Jangan tunggu kita alami tahap  II tapi biarlah kita alami pengangkatan, merasakan indahnya kerajaan 1000th damai bersama Tuhan... Amin.

By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar