Minggu, 27 Januari 2013

SINGA DARI YEHUDA


HAKIM-HAKIM 14:5-10

Ay.5 Lalu pergilah Simson beserta ayahnya dan ibunya ke Timna. Ketika mereka sampai ke kebun-kebun anggur di Timna, maka seekor singa muda mendatangi Simson dengan mengaum.
Singa muda gambaran dari:
·         Yesus Kristus yang adalah singa dari suku Yehuda (Why)
·         Iblis ‘seperti’ singa. (Srt. Petrus)
Iblis tahu bahwa Yesus adalah singa dari s.Yehuda maka iblis berusaha untuk meniru ‘seperti’ Yesus.

Amos 3:8
Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"
Simson sedang dikuasai oleh keinginannya untuk berbuat dosa dengan memaksakan kehendaknya untuk menikahi gadis dari bgs. Kafir sehingga meskipun singa muda datang mengaum tapi simson terus berusaha kisah ini adalah gambaran dari kehidupan kita yang dalam dosa tapi Yesus datang untuk melepaskan kita dari dosa. Tapi ingat Jangan sampai Firman telah datang untuk melepaskan kita dari dosa tapi kita lebih keras lagi hidup dalam dosa!

Ay.6 Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing -- tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.
Tapi jika Singa Muda itu gambaran dari Yesus mengapa atas kehendak Roh Tuhan, Simson harus membunuhNya?
Ini menggambarkan kehendak Alah Bapa yang mana AnakNya harus mati dibunuh oleh tangan orang-orang berdosa sehingga oleh kematianNya orang berdosa dapat diselamatkan.

Yang keluar dari kematian singa muda itu?
a. Ay.8 Setelah beberapa waktu kembalilah ia ke sana untuk kawin dengan perempuan itu; dan ketika ia menyimpang dari jalan untuk melihat bangkai singa itu, tampaklah ada kawanan lebah pada kerangka singa itu dan juga madu.
Pada kerangka singa itu terdapat madu.
Mazmur 119:103 Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku.
            Madu adalah Firman Tuhan (Mazmur 19:8-11). Untuk apa madu itu? Menolak yang Jahat dan memilih yang baik dan memulai yang baru.
Lewat kematian Yesus Kristus hidup kita yang mau menerima Dia lewat FIRMANNYA maka kita akan merasakan manisnya hidup ini, manisnya nikah kita.
(Wahyu 10:9-10).
Biarlah Firman menegur, menyatakan dosa dan menasehati kita agar kita dapat sadar dan memperbaiki hidup sehingga Tuhan datang kita tak didapati bercela dihadapan Tuhan dan boleh masuk dalam Yerusalem baru.
Simson membawa pulang madu dan membagikan bagi orang tuanya artinya jika kita menerima FA maka biarlah kita bagikan itu bagi orang tua kita dan saudara-saudara kita.

b. Ada darah yang keluar yaitu gambaran dari bilur-bilur Yesus.
1 petrus 2:23-25
2:23 Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.
2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
2:25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.
Dan dengan bilur-bilurNya kita disembuhkan baik jasmani maupun rohani.
Saat ini Tuhan bertanya;
Seberapa banyak kali kita meninggalkan Tuhan?
Seberapa banyak kali kita tersesat?
Seberapa banyak kali kita tidak beribadah?
Saat inipun Tuhan mau berkata KEMBALILAH PADAKU.....

Amin.

By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar