Sabtu, 31 Mei 2014

Shekina Glory

Ibdh. Kenaikan Yesus Kristus, Kamis 29 Mei 2014

Lukas 24:36-53
Yesus menampakkan diri kepada semua murid
Kenaikan Yesus

Sebelum Yesus terangkat kesurga IA menampakkan diri kepada semua murid dalam tubuh kemuliaan.
Pada pasal ini terkena pada shekina glory yang berbicara soal kemuliaan Tuhan, IA tampil dalam tubuh kemuliaan sehingga tidak ada gravitasi  bumi lagi yang bisa menahanNya. Artinya sebelum kedatangan Tuhan yang terakhir maka kita terlebih dahulu akan menerima INJIL KEMULIAAN yaitu FIRMAN PENYUCIAN sehingga jika kita sudah mengalami penyucian dari segala dosa maka kita akan mengenakan pakaian yang tidak dapat binasa.

1 Korintus 15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. (54) Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan.
Sebaliknya jika kita masih tinggal dalam dosa maka maut akan terus menguasai kita, oleh sebab itu biarlah kita selalu menerima Firman Penyucian yang hari-hari ini sedang diberitakan bagi kita, jika kita menolak Firman penyucian maka dosa akan terus menguasai kita.
Sebelum terangkat Yesus hanya menampakkan diri kepada murid-muridNya, saat ini jika Firman Penyucian itu hanya dibukakan bagi murid-muridNya jadi bagaimana dengan kita yang bukan murid? Kita pasti binasa.
Tapi jika saat ini kita dapat mengerti itu semua Firman Tuhan yang dibukakan maka itu adalah kasih karunia Tuhan. Asalkan kita PERCAYA pada Firman. Jika kita tidak percaya berarti kita sedang dibutakan oleh ilah zaman ini.
2 Korintus 4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, (4) yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.
Jadi saat ini biarlah kita mengoreksi kehidupan kita dan menyerahkan hidup kita untuk menjadi murid Tuhan.
Menjadi murid berarti pribadi yang mau belajar dan mau dengar-dengaran pada guru kita yaitu Yesus.
Menurut Firman Allah siapakah yang disebut murid?
Yohanes 8:30 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. (31) Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku (32) dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
Setia dalam persekutuan ibadah dan menetap dalam Firman Tuhan maka kita akan disebut murid Tuhan.

Luk 24:36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!"
Apa yang sedang dipercakapkan? Dalam kehidupan kita sehari-hari dimanapun kita berada, jika kita berkumpul dan mempercakapkan Firman, kebesaran Tuhan maka tanpa kita lihat dengan mata kita Tuhan hadir ditengah-tengah kita (Mat 18:20). Sehingga yang kita terima adalah damai sejahtera.
Sebaliknya jika kita berkumpul dan mempercakapkan kejelekan orang, gosip dsb yang tidak baik maka yang hadir adalah iblis dan ia mengejek kita sehingga yang kita terima bukan damai sejahtera tapi penghukuman dan perasaan yang tidak tenang (Yes 32:17).

Luk 24:37 Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. (38) Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?
Dalam kita mendengar Firman Tuhan maka jangan sampai dalam hati kita ada rasa tidak percaya dan ragu terhadap Firman.
Firman Tuhan itu ada yang tertulis yaitu yang tercatat dalam alkitab ada juga firman yang tersirat (Firman yang dibukakan) yaitu Firman yang tidak tertulis namun Ia meneguhkan Firman yang tertulis dan ini dinubuatkan oleh Roh Kudus (Yoh 21:24-25).
Yakobus 1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. (7) Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
Ketika timbul keraguan maka kita tidak akan mendapat apa-apa dari Tuhan, tapi jika kita percaya pada Firman maka kita akan mendapatkan sesuatu dari Tuhan. Bukan itu saja, orang yang ragu terhadap Firman maka ia sedang berada pada ambang neraka.
Yudas 1:22 Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, (23) selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

Luk 24:39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." (40) Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.
Saat kita tidak percaya dan ragu terhadap Firman maka IA akan menunjukkan pada kita 10 jari tanganNya yaitu 10 hukum kasih perjanjian lama dan 10 jari kakiNya yaitu 10 hukum kasih perjanjian baru, inilah 66 kitab.
Artinya kita mellihat dan meraba Firman, membaca dan merasakan kuasa Firman baik dari perjanjian lama maupun baru (1 Yohanes 1:1-3).

Luk 24:41 Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?" (42) Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. (43) Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. (44) Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Jika kita terus belum mau percaya maka Ia akan berusaha membuktikan perbuatanNya yang ajaib sampai kita memiliki iman percaya yang sempurna sebab tanpa iman kita tidak akan berkenan kepada Allah.
Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. (2) Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.
Agar memiliki iman yang sempurna maka biarlah mata rohani kita terus tertuju pada Yesus apapun tantangan yang kita hadapi.

Luk 24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. (46) Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
Pikiran kita harus dibuka, jika pikiran kita dibuka maka yang ada adalah mengenai perkara-perkara yang diatas yaitu perkara-perkara sorga sebaliknya jika pikiran kita tertutup maka kita hanya memikirkan perkara-perkara yang ada didunia ini. Oleh sebab itu koreksilah pikiran kita saat ini!

Luk 24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. (48) Kamu adalah saksi dari semuanya ini. (49) Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."
Setelah pikiran kita dibukakan maka kita wajib menjadi saksi, mulai dari dalam nikah rumah tangga kita. Dan kesaksian kita itu harus bisa membawa orang datang kepada Tuhan, kembali kepada Tuhan dan mengalami penyucian.
Jangan sampai kesaksian kita malah membuat orang lain tersandung dan terhilang dari pengembalaan.
Intinya sebelum kita bersaksi maka lebih dulu kita harus menerima kuasa dari Roh Kudus agar orang yang mendengar dan melihat kesaksian kita akan merasakan kuasa Tuhan (Kis 1:8).
Saat ini Tuhan mau kita semua tidak terkecuali harus menjadi saksi karena Roh Kudus mau mengurapi kita semua.
Tapi ingatlah Simson, saat Roh Tuhan menguasainya maka ia begitu kuat tapi saat Roh Tuhan meninggalkannya maka ia tidak punya kekuatan sedikitpun sehingga yang ada ia diikat oleh musuh. Begitu juga dengan kita biarlah kita terus berada dalam kuasa Roh Kudus.

Luk 24:50 Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.
(51) Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. (52) Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.
24:53 Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.
Saat dalam persekutuan ibadah biarlah kita terus menikmati ibadah itu sampai menerima berkat Tuhan lewat hamba Tuhan. Fungsi berkat Tuhan itiu adalah supaya kita kuat dan mampu bertahan sampai kita menantikan dipenuhi Roh Kudus.
Dalam menerima Roh Kudus maka kita harus benar-benar memuliakan Tuhan.
Yohanes 7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!
7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Amin.


By. Pdm. Ariel Yoseph Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar