Kamis, 08 November 2012

Panggilan



YOHANES 21:20-22
21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
21:21 Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?"
21:22 Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."

“....Ikutlah Aku....”

(ay.15-17) Petrus baru saja mengalami pemulihan dalam hal kasih tapi pada ay.20-21 ia mulai kembali melihat dan memperhatikan orang lain. Artinya jangan sampai kita menjadi pribadi yang suka melihat bahkan mengurus urusan orang lain apalagi soal pelayanannya. Karena pada ay.22 Tuhan mau kita hanya memandang kepada Yesus.

Panggilan bagi Petrus:
  1. Lukas 5:8-11
5:8 Ketika Simon Petrus melihat hal itu ia pun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa."
5:9 Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap;
5:10 demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."
5:11 Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, mereka pun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.
Petrus yang masih dalam keadaan berdosa dan masih awam/ belum tahu apa-apa, dipanggil untuk menjadi Penjala Manusia. Sama dengan kehidupan kita, Tuhan memanggil kita pada waktu kehidupan kita masih dalam keadaan berdosa.

2.       Yohanes 21:22 Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."
Artinya masuk dalam penggilan Ilahi untuk melanjutkan Penggembalaan yaitu Menggembalakan Kawanan Domba.

2 Petrus 1:10-13
1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
1:11 Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.
1:12 Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.
1:13 Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.
Yang perlu kita perhatikan dalam hal Panggilan dan pilihan yaitu kita harus FOKUS pada panggilan dan pilihan Tuhan tersebut agar kita tetap teguh dan tidak tersandung.
Akhir dari panggilan dan pilihan kita adalah kita akan dikaruniakan Kerajaan Kekal (ay.11). Sedangkan tugas Hamba Tuhan yaitu selalu mengingatkan s.Jemaat agar tetap/ fokus pada pilihan dan panggilan Tuhan (ay.12-13).

4 macam Panggilan:
  1. 1 Petrus 2:9-10
2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.
Keluar dari kegelapan dan masuk dalam Terang. Terkena pada Pintu Gerbang.
Saat kita mengalami panggilan ini maka kita mengalami belas kasihan Tuhan.

2.       1 Petrus 2:20-23
2:20 Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.
2:21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
2:22 Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.
2:23 Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.
Dipanggil untuk ikut menderita. Terkena pada Halaman (MKB,Bp,P.Kemah).

3.       1 Petrus 1:14-16
1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.
Dipanggil untuk menjadi Kudus. Terkena pada Ruang Suci (KDE, MRS, MDE)

4.       1 Petrus 3:8-9
3:8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,
3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:
 Dipanggil untuk memperoleh/ mewarisi berkat. Terkena pada Ruang Maha Suci. Dan tentu untuk menerima atau mewarisi berkat maka ada syarat bagi kita yaitu (ay.8-9a) kita harus saeia sekata, seperasaan, penyayang, rendah hati dsb. Jika syarat-syarat ini kita penuhi pasti berkat Ilahi dapat kita rasakan bahkan kita bukan saja menerimanya tapi juga membagikannya dengan kata lain kitapun menjadi berkat, puji Tuhan amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar