Minggu, 11 November 2012

Kau Kupandang Mulia



Hakim-hakim 12:11-12

12:11 Sesudah dia, maka Elon orang Zebulon memerintah sebagai hakim atas orang Israel. Ia memerintah atas orang Israel sepuluh tahun lamanya.
12:12 Kemudian matilah Elon, orang Zebulon itu, lalu dikuburkan di Ayalon, di tanah Zebulon.

Hakim Elon
Elon adalah Hakim yang ke-11. Kisah Hakim ini hanya dicatat dalam 2 ayat, tandanya hakim ini tidak terlalu terkenal dan tidak semua yang ia kerjakan dicatat tapi kita tidak perlu terfokus dengan apa yang ia telah kerjakan namun yang terpenting adalah namanya telah terdaftar sebagai salah satu Hakim dalam Alkitab.
Seperti waktu Yesus mengutus 70 muridNya dan ketika mereka kembali mereka memberi laporan tentang pelayanan apa saja yang telah mereka lakukan tapi Yesus berkata bahwa mereka harus lebih bahagia jika nama mereka terdaftar dalam kerajaan sorga (Lukas 10:17-20).
Artinya Kita tidak perlu menyombongkan diri dengan apa yang telah banyak kita lakukan atau kita kerjakan dalam melayani Tuhan tapi biarlah kita pastikan bahwa nama kita tercatat dalam kerajaan sorga.
Dan mungkin apa yang telah kita kerjakan tidak nampak bagi banyak orang tapi ingatlah bahwa Tuhan melihat semua apa yang kita kerjakan.

Arti nama Elon adalah Kayu Jati. Apalah yang dibanggakan dari sebuah kayu?
Dilihat secara jasmani FUNGSI kayu jati ini digunakan untuk perabotan dalam rumah maupun istana-istana.
Apa artinya secara rohani?
2 Timotius 2:20-21
2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.
2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.
Kita adalah perabot dalam rumah Allah, terbuat dari kayu. Kita perhatikan alat-alat dalam tabernakel (MRS, MDE, PETI Tabut Perjanjian), semua itu terbuat dari kayu penaga tapi telah disalut dengan emas.
Artinya baik kayu maupun Emas sama-sama penting untuk menjadi alat dalam kemah suci.
Jadi  jangan sampai kita rendah diri dan merasa kita ini kecil, hina, kotor dan kehidupan yang keras tapi jika kita mau disucikan dan dikuduskan dengan Firman, Roh Kudus, Darah Yesus dan ketaatan kita pada Firman maka kita akan berfungsi sebagai perabot yang berguna dan dipandang layak untuk menjadi alat bagi rumah Tuhan, bukan hanya sampai ruang suci tapi sampai ruang maha suci artinya sampai nama kita tercatat dalam kerajaan sorga.
Contoh PAULUS 
2Korintus 6:3-10
6:3 Dalam hal apa pun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela. 
6:4 Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, 
6:5 dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa; 
6:6 dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik; 
6:7 dalam pemberitaan kebenaran dan kekuasaan Allah; dengan menggunakan senjata-senjata keadilan untuk menyerang ataupun untuk membela 
6:8 ketika dihormati dan ketika dihina; ketika diumpat atau ketika dipuji; ketika dianggap sebagai penipu, namun dipercayai, 
6:9 sebagai orang yang tidak dikenal, namun terkenal; sebagai orang yang nyaris mati, dan sungguh kami hidup; sebagai orang yang dihajar, namun tidak mati; 
6:10 sebagai orang berdukacita, namun senantiasa bersukacita; sebagai orang miskin, namun memperkaya banyak orang; sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu. 



Elon artinya Kayu Jati. Ini juga artinya ada PERTUMBUHAN. (Kejadian 1:11-13)
Dimana bisa bertumbuh?
1.   Yeremia 17:7-8
17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.
Pohon bisa bertumbuh jika ditanam ditepi air artinya kita bisa bertumbuh secara rohani jika disirami oleh Roh Kudus sehingga bukan saja bertumbuh tapi berbuah. Dan juga pohon itu kuat dan bisa terus bertumbuh jika ia memiliki akar yang kuat yang merembet terus kedalam sampai mencapai sumber air
2.   Mazmur 92:13-16 Dalam Penggembalaan.
92:13 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;
92:14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
92:15 Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,
Tapi ingatlah jangan dulu kita berbangga karena mungkin saat ini posisi kita sudah masuk dalam ruang suci, kita telah tergembala, melayani dan terus bertumbuh sampai berbuah-buah tapi kita lihat dasarnya artinya mungkin kita bisa sukses dalam pelayanan tapi kita ingat bahwa semua karena Korban Kristus (Medzbah Korban Bakaran).

Hak 12:11a..... maka Elon orang Zebulon memerintah.....
Nama Elon di kaitkan dengan nenek moyangnya... Zebulon. Perkataan berkat bagi Zebulon.
Kejadian 49:13 Zebulon akan diam di tepi pantai laut, ia akan menjadi pangkalan kapal, dan batasnya akan bersisi dengan Sidon.
Menjadi Pangkalan/ Armada kapal. Tempat dimana kapal singgah dan membongkar muatan serta kembali memuat muatan baru.
Artinya gereja bagaikan pangkalan dimana orang datang untuk membongkar muatan yaitu melepas dosa dan memuat barang yaitu menerima berkat Firman.
Jadi jangan biarkan hidup kita terus dilautan tapi mari kita sandarkan kapal hidup kita kepangkalan untuk membongkar muatan dan menerima muatan baru.

Kesimpulannya:
Kehidupan kita yang hina, yang kotor, yang keras dan mungkin yang najis sekalipun tapi jika kita mau bawa seluruh hidup kita kepada Tuhan untuk disucikan maka Ia akan memandang kita mulia dan menjadikan kita perabot yang berguna dalam rumah-Nya. Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok
Timika-Papua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar