Minggu, 20 Oktober 2013

I'm a True????

Fellowship, Minggu 20 Okt 2013

Hakim-hakim 17:1-13
Shaloom, pada minggu ini kita melanjutkan pelajaran kita pada bagian ke-II. tapi sebelumnya mari kita lihat dulu ayat1-2..

AY.1-2 BERKAT DAN KUTUK
Ay.1 Ada seorang dari pegunungan Efraim, Mikha namanya. (2) Berkatalah ia kepada ibunya: "Uang perak yang seribu seratus itu, yang diambil orang dari padamu dan yang karena itu kauucapkan kutuk -- aku sendiri mendengar ucapanmu itu -- memang uang itu ada padaku, akulah yang mengambilnya." Lalu kata ibunya: "Diberkatilah kiranya anakku oleh TUHAN."
Hidup kita ini sadar tidak sadar kita diperhadapkan dengan dua hal yaitu berkat atau kutuk/ hidup atau mati. Dan ini terjadi tergantung bagaimana kita menjalani hidup ini.
Ulangan 11:26 Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: (27) berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; (28) dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.
Mikha mencuri, berarti ia sedang melanggar hukum yang ke-8 dan tentu ini adalah perbuatan yang melanggar FA sehingga tanpa dia sadari ia sedang dalam kutukan. Beruntung ia cepat sadar dan mau bertobat. Saat ibunya mulai berkata kutuk bagi orang yang mencuri uangnya maka Mikhapun takut dan mengakui perbuatannya sehingga kutuk diganti berkat oeh ibunya. Begitu juga kehidupan kita, jika kita mau berubah dan sadar dari pelanggaran kita maka Tuhan akan merubah kutuk dalam hidup kita menjadi berkat.
Bagaimana kalau tidak mau sadar dan tidak mau berubah? Ulangan 28:45 Segala kutuk itu akan datang ke atasmu, memburu engkau dan mencapai engkau, sampai engkau punah, karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan tidak berpegang pada perintah dan ketetapan yang diperintahkan-Nya kepadamu;
Ibu Mikha gambaran dari gembala-gembala sidang/ pemimpin-pemimpin yang bertanggung jawab menyerukan doa kepada Tuhan bagi umat-umat Tuhan agar merubah kutuk mejadi berkat. Ibrani 13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan
membawa keuntungan bagimu.

 II. Israel Hidup tanpa seorang raja

AY.6 KEBENARAN DIRI SENDIRI
Ay.6 Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.
Ingatlah sejak kejadian pasal yang ke-3, manusia jatuh dalam dosa dan hilang kemuliaannya sehingga siapapun manusia tidak ada seorangpun yang benar.
Roma 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, (10) seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. (11) Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. (12) Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.
Keadaan Israel setelah tidak ada yang memimpin mereka sangat bejat dan tidak bermoral, yang baik dikatakan jahat dan sebaliknya yang jahat dikatakan baik, merekapun mulai memutar balikkan kebenaran. Sangat disayangkan mereka tetap merasa diri benar.
Jangan sampai kehidupan kita seperti ini tapi biarlah kita membawa hidup kita untuk dipimpin, yaitu dipimpin oleh Firman Allah.
Saat manusia pertama jatuh mereka menutup diri mereka dengan daun ara. Inilah simbol dari manusia saat ini yang sudah jatuh dalam dosa tapi karena mau menutupi kesalahannya maka ia mambenarkan dirinya. Hati-hati! Jangan merasa diri benar tapi biarlah Tuhan yang menilai dan yang mengatakan bahwa kita benar, sebab apa yang dilihat manusia itu tidak sama dengan pandangan Tuhan.

Tapi ada beberapa pribadi yg disebut FA sbg orang benar:
  1. Nuh, Kejadian 6:9, 7:1 (Zaman Permulaan)
                Ciri-ciri: Tidak bercela (Fe 5:25-27) artinya selalu mengalami penyucian, suka bergaul dengan Allah berarti suka beribadah. Dalam 3 sistem ibadah yang dimulai dari KDE (suka bersekutu), MRS (selalu menikmati FA) dan MDE (Suka berdoa dan menyembah Tuhan). Sehingga ia mendapat kasih karunia Tuhan dan keselamatan.
  1. Lot, 2 Pet 2:7-9 (Zaman Pertengahan)
                Ciri-ciri: Mampu mempertahankan kehidupan yang rohani ditengah-tengah lingkungan yang jahat, ia tidak terpengaruh. Dalam kehidupan kita sehari-hari jangan sampai kita emosi karena perbuatan orang-orang yang tidak adil, jangan kita turut menantang orang-orang yang berlaku kasar baik itu suami/ isteri, teman kerja dsb. Biarlah kita meneladani Lot yang terus diam meskipun batinnya tersiksa (memikul salib). Lot juga saleh yaitu sungguh-sungguh dalam ibadahnya.
1 Kor 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
  1. Yesus. (zaman akhir) Bukan dibenarkan tapi IA yang adalah kebenaran itu sendiri.
Bagaimana dengan kita? Kita akan dibenarkan dan disempurnakan kelak oleh Yesus sendiri.
Tapi penting bagi kita untuk mengikuti ciri-ciri hidup benar dibawah ini:
Yesaya 33:15-16
  1. Jujur
  2. Tidak memeras
  3. Tidak mau disuap
  4. Tidak mau mendengar rencana jahat
  5. Tidak mau memandang perkara yang jahat
Hasilnya: Hidup terjamin dan terpelihara seperti 4 tudung yang menudungi kemah suci. Puji Tuhan, kita lanjutkan minggu depan mohon doanya...Tuhan Yesus Memberkati, Amin.

By. Pdt. Rudolf Labok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar