Rabu, 16 Oktober 2013

Injil Kekuatan Allah

Ringkasan FA dlm PA, Kamis 10 Okt '13

Kisah Rasul 2:22-24, 32-33

Kotbah pertama Petrus setelah mengalami pentakosta adalah mengenalkan pribadi Yesus yaitu:
  1. Ay.22Yesus yang mati yang disalibkan
  2. Ay.24 Yesus yang bangkit
  3. Ay.33 Yesus yang naik kesurga
Minggu lalu kita telah belajar mengenai Yesus yang telah mati jadi saat ini kita akan belajar mengenai Yesus yang telah bangkit. Namun sebelumnya mari kita lihat dulu ayat 22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu. Yaitu Yesus yang adalah sumber kekuatan. Berbeda dengan yesus yang lain, yang tidak memberi kekuatan apapun.
Seperti  apa kekuatan yang diberikan bagi kita dalam kehadiran Yesus?
Roma 1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
Yesus itu adalah Injil dan injil itu kekuatan Allah, Firman Kebenaran yang mampu menyelamatkan orang yang percaya.
Apakah Injil itu hanya sebatas Matius, Markus, Lukas dan Yohanes? TIDAK! Tapi seluruh Firman Tuhan itu adalah INJIL.
Efesus 1:13 Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
Kolose 1:5 oleh karena pengharapan, yang disediakan bagi kamu di sorga. Tentang pengharapan itu telah lebih dahulu kamu dengar dalam firman kebenaran, yaitu Injil,
Galatia 3:6-8..... Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati."
Jika Abraham selamat karena Injil, padahal masih dizaman yang sangat lalu maka seluruh Firman ALLAH itu adalah INJIL yang adalah kekuatan Allah.
Kekuatan injil yaitu:
  1. Melepaskan kita dari berhala. Yosua 24:2-3
                Jika kita percaya pada Firman maka kita akan mengalami kekuatan-Nya yang begitu hebatnya. Efesus 1:19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya,
                Saat ini jika kita mau bebas dari berhala, baik itu pekerjaan, benda-benda, mengantuk dijam doa dsb yaitu hal-hal yang menghambat kita untuk dekat dengan Tuhan, maka percayalah kepada Injil yang mampu melepaskan kita dari berhala.

  1. Mematahkan kuasa maut. 2 Timotius 1:10
                Ingatlah dunia orang mati/ maut itu tidak pernah puas untuk meminta korbannya, hanya dengan Firmanlah kita bisa terluput dari kuasa maut. Oleh sebab itu jangan pernah main-main dengan Firman Tuhan!
3 Cara Injil menyelamatkan:
  1. Lewat Firman Penginjilan Markus 16:15-16
  2. Lewat Firman Penggembalaan Yohanes 10:9
Cara kerja Injil yang menyelamatkan itu adalah tuntas, bukan hanya sampai kita mendengar Injil yang membawa kita percaya dan selamat tapi kita dibawa untuk terus maju agar tergembala, dimana kita selalu diberkati dengan Firman-Nya sehingga kita tidak pernah kekurangan (Mazmur 23).

  1. Lewat Firman Mempelai
Matius 24:12-14, ini terkena pada Isi Tabut Perjanjian yaitu 2 Loh batu yang menggambarkan kasih kepada Tuhan. Jika kasih semakin dingin itu tandanya kita tidak lagi memegang kekuatan injil dalam Firman mempelai. Saat ini kita periksa kehidupan kita! Apakah kita melayani masih dengan hati yang mengasihi Tuhan? Apakah kita masih mengasihi suami? Apakah kita masih mengasihi isteri?
Kita kembali pada bahasan kita dalam Kis 2:22, Yesus yang adalah sumber kekuatan juga adalah Yesus yang membuat Mujizat. Yang tercatat sbb:
       23 Mujizat kesembuhan
Antara lain; anak pegawai istana. Gbrn dari orang tua yang bertanggung jawab dan memperhatikan keselamatan anaknya. Ia mencari kesembuhan kepada sumber yang tepat.
       9 Mujizat atas alam semesta
Antara lain; nikah di Kana. Gbrn Pelayan-pelayan Tuhan yang harus benar-benar taat dengar-dengaran agar pelayanan yang ada menghasilkan mujizat dalam nikah rumah tangga dalam sidang jemaat.
       3 Mujizat orang mati dibangkitkan
Antara lain; Lazarus gbrn seorang bapak/ kepala rumah tangga yang harus mengalami kebangkitana rohani.
Artinya baik nikah, suami/ isteri maupun buah nikah/ anak-anak dan anak muda harus mengalami kuasa mujizat keubahan hidup yang utama.
Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar