Kamis, 06 Juni 2013

s3NtUh4N

Kisah 2:12-13
PERABA/ PERASA.

Indera peraba ini dapat kita rasakan jika kita menyentuh, atau kita akan merasakan sesuatu. Apa hubungannya dengan hari Pentakosta?
Ada dua pendapat tentang hari Pentakosta yang bersangkut paut dengan indera peraba/ perasa:
  1. Ay.12 tercengang-cengang, terheran-heran dan terkagum-kagum atas kejadian yang luar biasa.
Kalau Roh Kudus menyentuh kita maka kita akan merasakan sesuatu yang lain. Kita akan terkagum-kagum dan tercengang-cengang tentang segala perbuatan Tuhan dalam kehidupan kita. Sebaliknya jika hidup kita tidak disentuh oleh Roh Kudus maka kita tidak akan merasakan keajaiban dan mujizat Tuhan.

  1. Ay.13 menyindir dan menjelekkan

Manusia memiliki 3 komponen:
  1. Tubuh= manusia jasmani
  2. Jiwa= manusia batiniah
  3. Roh= manusia rohaniah
Jika tubuh kita disentuh oleh Roh Kudus maka kita akan merasakan mujizat yang luar biasa tapi bukan hanya sampai disitu karena Tuhan ingin agar jiwa kitapun disentuh oleh kuasa Roh Kudus sehingga kita akan terus dibawa untuk lebih lagi merasakan pekerjaan Tuhan dan langkah yang selanjutnya adalah roh kitapun disentuh oleh kuasa Roh Kudus agar kita semakin mengasihi Tuhan sampai mengeluarkan kehidupan yang memuji dan menyembah Tuhan.

Bagaimana dengan kita?
Apakah saat Roh Kudus bekerja kita merasakan sentuhan-Nya?
Jika kita merasakan kehadiran Roh Kudus tapi masih merasa kecewa, putus asa dsb maka itu hanya tubuh saja yang mengalami sentuhan sedangkan jiwa kita tidak tersentuh. Karena jika jiwa mendapat sentuhan Roh Kudus maka tidak ada kekecewaan, tidak ada putus asa, percaya penuh, hati yang memuji dan menyembah dsb.

kesimpulan 5 indera yang dikuasai oleh Roh Kudus.
1 Yohanes 1:1-3
1:1 Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup -- itulah yang kami tuliskan kepada kamu.
1:2 Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.
1:3 Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.
  1. Jika Roh Kudus menguasai telinga kita maka kita akan mampu mendengar Firman yang Hidup. Karena lewat mendengar Firman iman kita akan bertumbuh kuat 1 Yohanes 5:3-4.
  2. Jika Roh Kudus menguasai mata kita maka kita akan mampu melihat Firman yang Hidup sehingga memperoleh pengharapan dan mengerjakan penyucian dalam hidup 1 Yohanes 3:3-4.
  3. Jika Roh Kudus menguasai mulut kita maka kita akan mampu bersaksi tentang Firman yang hidup sehingga perkataan kitapun mengandung kasih.
  4. Jika Roh Kudus menguasai indera peraba kita maka kita akan mampu merasakan kehadiran Firman yang hidup.
  5. Bagaimana dengan penciuman/ hidung kita?
Hidung ini berbicara soal doa dan penyembahan. Jika Roh Kudus menguasai hidung kita maka kita akan MENYATU dengan Roh Kudus dan selalu berdoa dan menyembah Tuhan.
Jadi kesimpulan dari 5 indera yang dikuasai oleh Roh Kudus adalah sampai terjadi satu PENYATUAN DENGAN PRIBADI TUHAN YESUS KRISTUS (ay.3b).
Apa yang terjadi jika kita menyatu dengan Roh kudus?
Roma 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? .....33-39.
Apapun yang kita alami, apapun yang kita rasakan pembelaan Tuhan akan nyata kita rasakan, tidak ada sesuatu apapun yang mampu memisahkan kita dari kasih Tuhan, bahkan kita menjadi lebih dari pemenang.

Amin.


By. Pdt. Rudolf labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar