Minggu, 09 Juni 2013

Awali dengan Roh, akhiri dengan?

Hakim-hakim 16:4-22
Ay.17 Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, katanya: "Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain."
Letak kekuatan Simson ada pada 7 jalin rambuWhy 4:5 Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.
tnya. Gbrn 7 Roh Allah.
Zakharia 4:2-6
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu. 4:3-5........
4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
Jadi jelas bahwa kekuatan Simson berasal dari Roh Allah, sama halnya dengan kehidupan kita jika kita bisa sukses, bisa berhasil maka itu semua karena kekuatan dari Roh Kudus bukan karena kita manusia. Gerejapun harus diperlengkapi dengan Roh Kudus agar mampu untuk bersaksi, mampu untuk memberitakan Injil, mampu melayani dsb untuk kemuliaan Tuhan.
Dari ketigakalinya Simson dipermainkan atau dijebak Delila namun Simson tidak dapat mengerti dan membaca situasi yang mana ia sedang dipermainkan. HATI-HATI! Banyak kali anak Tuhan mengalami hal seperti ini, karena kurang memiliki pengertian  sehingga dipermain-mainkan oleh iblis.
Ay.20 Lalu berserulah perempuan itu: "Orang Filistin menyergap engkau, Simson!" Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: "Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas." Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia.
Simson merasa kuat tapi sesungguhnya ia tidak sadar bahwa ia sudah lemah. Sekali lagi HATI-HATI!
1 Korintus 10:12 Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!
10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
Yesaya 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;
Ketujuh roh inilah yang hilang dari kehidupan Simson. Hamba Tuhan, pelayan-pelayan Tuhan, anak-anak Tuhan yang tanpa Roh Kudus tidak akan kuat, mudah dipermainkan iblis oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk meminta Roh Kudus menyertai dan memenuhi kehidupan kita.

Apa yang menjadi dasar kehancuran Simson? Wanita dan Uang.
Ay.5 Lalu datanglah raja-raja kota orang Filistin kepada perempuan itu sambil berkata: "Cobalah bujuk dia untuk mengetahui karena apakah kekuatannya demikian besar, dan dengan apakah kami dapat mengalahkan dia dan mengikat dia untuk menundukkannya. Maka kami masing-masing akan memberikan seribu seratus uang perak kepadamu."
Karena memiliki isteri yang mata duitan/ seorang isteri yang lebih mementingkan uang akan rela menghancurkan suaminya, meninggalkan  suaminya.
Jika kita lebih mementingkan sifat zinah dan uang maka kita akan rela kehilangan pelayanan, akan rela kehilangan keluarga bahkan akan rela kehilangan Tuhan. Untuk yang ketiga kalinya HATI-HATI!
Bukan berarti kita tidak boleh kaya, kita ini adalah anak Raja sudah seharusnya kita kaya tapi jangan sampai uang atau kekayaan itu mengikat kita dan kita cintai karena Yesus yang patut kita cintai.
Bagi orang percaya apa artinya kekayaan?
YESUS KRISTUS. Karena kita memiliki Yesus maka harta tidak lagi ada artinya.
Kisahpara rasul 2:44-47
2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
2:45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
2:47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Ay.21 Orang Filistin itu menangkap dia, mencungkil kedua matanya dan membawanya ke Gaza. Di situ ia dibelenggu dengan dua rantai tembaga dan pekerjaannya di penjara ialah menggiling.
Derajatnya turun karena kehilangan kekuatan dari Roh Kudus.
Galatia 3:1 Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?
3:2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?
3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
3:4 Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia!
Jagalah Roh Kudus dalam kehidupan kita agar jangan kita mundur tapi kita terus meningkat dalam kerohanian bahkan mengakhiri pertandingan rohani kita dengan Roh Kudus bukan dengan daging. Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar