Jumat, 13 September 2013

Kuasailah Tuhan...

PA. Kamis, 13 sept 13

Kisah Para Rasul 2:1-47
  1. Ay. 1-13 Roh Kudus Menguasai Panca indera (Kepala).
  2. Ay. 14-36 Roh Kudus menguasai Pikiran akal dan hati (Tubuh).
  3. Ay. 37-47  Roh Kudus menguasai perbuatan-perbuatan kita (Gaya hidup gereja).

II.Roh Kudus menguasai Pikiran akal dan hati (Tubuh).
 Mengapa Roh Kudus harus menguasai akal pikiran kita? Karena manusia itu cenderung lupa tentang Firman yang telah dengar. Seperti apa yang di alami oleh orang-orang yang menyindir Petrus tentang pencurahan Roh Kudus yang terjadi padahal ini sudah dinubuatkan oleh nabi Yoel ratusan tahun yang lalu, ini tandanya mereka lupa akan Firman Tuhan yang sudah disampaikan dan ini tandanya bahwa hati dan pikiran belum dikuasai oleh Roh Kudus.
2 Pet 3:1-2 (1) Saudara-saudara yang kekasih, ini sudah surat yang kedua, yang kutulis kepadamu. Di dalam kedua surat itu aku berusaha menghidupkan pengertian yang murni oleh peringatan-peringatan, (2) supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu. (8) Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Pembagian:
  1. Ay.16 Nabi sebagai perantara
                Perantara artinya sebagai jalan, jembatan. Jadi nabi Yoel bukanlah Firman tapi hanyalah perantara yang bertugas untuk menyampaikan Firman Tuhan kepada manusia. Demikian juga kita sebagai Hamba Tuhan bertugas untuk menjembatani atau menjadi jalan yang menghubungkan manusia dengan Allah sehingga keinginan Allah tersampaikan bagi manusia.
Jika kita tidak menyampaikan Firman Tuhan maka kata Paulus..celaka...!
1 kor 9:16 Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.
Dalam kitab Yoel ada pemberitaan tentang penghukuman bagi bangsa Israel serta pemulihan bangsa Israel. Dan salah satu janji dalam pemulihan adalah Tuhan mencurahkan Roh KudusNya.

2.       Ay.17-21 Janji-janji Allah yang diberitakan bagi manusia:
1)      Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus kpd semua manusia (sudah digenapi).
2)      Akan ada tanda-tanda dilangit dan dibumi (belum digenapi).
3)      Tentang kedatangan Tuhan (belum digenapi).
4)      Barangsiapa yang berseru nama Tuhan akan diselamatkan (sudah digenapi).

Masuk dalam pembahasan tentang Karunia-karunia Roh Kudus yang dijanjikan Tuhan.
Kis 2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. (18) Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. (19) Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.
Karunia-karunia berupa:
v  Nubuat
v  Penglihatan
v  Mimpi-mimpi
v  Mujizat
1 Kor 12:4-5,.. Kis 2:37-39. karunia itu tidak dapat dibatasi dengan hanya beberapa karunia saja karena pekerjaan Roh Kudus itu tidak terbatas. Jadi kita patut berhati-hati jangan sampai kita menghujat pekerjaan Roh Kudus yang mungkin sulit untuk kita pahami dengan akal pikiran kita sebagai seorang manusia. Ingatlah ayat ini Matius 12:31-32 (31) Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. (32) Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.
Tuhan memberikan kita baik lelaki maupun perempuan suatu karunia yang memampukan kita untuk melayani Tuhan. Sehingga di akhir zaman ini banyak orang yang dikaruniai berbagai macam karunia-karunia dari Tuhan sesuai dengan kebutuhan gereja saat ini.
Kis 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
Menerima Firman berarti tidak menolak, mengerti, menyambut, dan menyimpannya dalam hati. ini akan membuat kita berbuah dai 30x lipat, 60x lipat dan 100x lipat.
Matius 13:23 Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."
Banyak kali yang terjadi jika kita menolak Firman karena kita tidak mengerti sehingga sekali lagi ditegaskan bagi kita bahwa sangat penting bagi kita untuk meminta pada Tuhan agar hati dan pikiran dan akal kita agar dikuasai oleh Roh Kudus. Sehingga jika hati, pikiran dan akal kita sudah dikuasai oleh Roh Kudus maka kita tidak lagi berpikir negatif, tidak lagi curiga dsb sehingga hati kita siap untuk diisi oleh Firman dan mengerti Firman.

Hati yang menolak Firman bagaikan perumpamaan dibawah ini:
  1. Benih dipinggir jalan
                Matius 13:19 Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.
                Yesus adalah Jalan, kebenaran dan Hidup sehingga jika kita diluar Dia kita akan menjadi sasaran iblis. Banyak kali posisi hati kita tidak dalam Yesus sehingga banyak juga dari kita yang kehilangan Yesus dalam hidupnya.
Ingatlah dalam dunia ini kita  bisa saja kehilangan harta benda atau apa saja tapi jangan sampai kita kehilangan Yesus. Pekerjaan dan taktik iblis saat ini adalah membuat gereja itu kehilangan Yesus, contoh taktik iblis yang biasa terjadi adalah kita mulai disibukkan dengan berbagai macam kegiatan, aktivitas kerja yang berlebihan sehingga tidak ada waktu lagi bagi kita untuk bersekutu dengan Firman Tuhan (tidak ada kesempatan untuk mendengar/ membaca Firman dan tidak pernah ada kesempatan untuk berdoa dan menyembah Tuhan),  ini adalah taktik iblis, jadi hati-hati!
Mata Tuhan ada disegala tempat, tidak ada satupun yang tersembunyi, semuanya akan tersingkap dan terbuka didepanNya sehingga dimanapun kita berada dan apapun yang kita lakukan IA tahu. jadi jangan sampai posisi hati kita dipinggir jalan agar tidak lemah terhadap kuasa iblis.

  1. Benih ditanah yang berbatu-batu
                Matius 19:21 Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itu pun segera murtad.             
                Gambaran hati yang keras, tidak berubah dan tetap pada gaya hidup yang lama sehingga kehidupan ini tidak pernah berakar. akibatnya tidak tahan bahkan takut terhadap penindasan yaitu lemah terhadap kuasa keinginan daging.

  1. Benih disemak duri
                Matius 13:22 Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.
                gambaran dari kehidupan yang mendengar Firman tapi masih tetap kuatir, ini merupakan kehidupan yang lemah terhadap kuasa duniawi.
                jika saat ini jika dalam hati kita masih ada duri baik dari suami dll maka pandanglah mahkota duri Yesus.
4.       Benih ditanah yang baik
Yaitu hati yang mau terbuka dan menerima Firman sehingga ada pertumbuhan rohani.
Amin.


By. Pdt. Rudolf Labok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar