Minggu, 24 Februari 2013

Rahasia


Hakim-hakim 14:10-16
14:11 Ketika mereka melihat dia, dipilihlah tiga puluh orang kawan untuk menemani dia.
14:12 Kata Simson kepada mereka: "Aku mau mengatakan suatu teka-teki kepada kamu.....
                Simson simbol dari Yesus Kristus yang adalah mempelai Pria Sorga dan Istri Simson yang adalah orang Filistin simbol dari bangsa kafir (kehidupan kita) yang adalah mempelai wanita Tuhan.
Kalau kita bangsa kafir dimasukkan sebagai bagian dalam mempelai wanita Tuhan maka itu adalah kasih karunia atau kemurahan Tuhan.

Simson memberi teka teki kepada 30 sahabatnya.
Apa itu teka teki?
Teka teki adalah kata-kata yang mengandung rahasia atau kata kiasan.
Pada zaman Yesus, Ia memberitakan Firman bagaikan perumpamaan. Tapi kepada murid-muridNya ia memberi pengertian tentang perumpamaan tersebut dan isi perumpamaan itu adalah tentang kerajaan sorga.
Matius 13:9-11,(12-17)
13:9 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?"
13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
Jadi jika saat ini kita mendengar Firman Tuhan dan kita dapat mengerti artinya dan dapat mengetahui rahasia kerajaan sorga maka itu adalah kasih karunia.
Tapi ingat Yang menjadi rahasia Tuhan atau teka tekinya Allah saat ini adalah kapan waktunya IA datang kembali, dan itu bukan tugas kita untuk mencari tahu sehingga yang menjadi tugas kita saat ini adalah terus mengerjakan keselamatan seperti saat zaman nabi Nuh, Tuhan hanya memberitahu dia bahwa akan terjadi air bah dan ia harus membangun bahtera tapi Tuhan tidak memberi tahu kapan waktunya akan terjadi sehingga Nuh hanya mengikuti perintah untuk mengerjakan bahtera tanpa memusingkan kapan waktunya air bah itu tiba.

Hakim-hakim 14:16
14:16 Lalu menangislah isteri Simson itu sambil memeluk Simson, katanya: "Engkau benci saja kepadaku, dan tidak cinta kepadaku; suatu teka-teki kaukatakan kepada orang-orang sebangsaku, tetapi jawabnya tidak kauberitahukan kepadaku." Sahutnya kepadanya: "Sedangkan kepada ayahku dan ibuku tidak kuberitahukan, masakan kepada engkau akan kuberitahukan?"
Tujuan Firman Tuhan masih dalam rahasia adalah supaya gereja terus dalam pergumulan untuk pembukaan rahasia Firman Tuhan. Tuhan mau kita sebagai mempelaiNya terus datang padaNya dengan penuh kerinduan, penuh penyerahan dibawah kakiNya supaya IA memberi tahu segala isi hatiNya. Semakin dekat kita padaNya maka Iapun akan berbicara bagi kita, seperti yang terjadi pada Maria dan Marta.
Maria datang dibawah kaki Tuhan dan mendengar suaraNya berbicara tapi Marta sibuk didapur gambaran orang-orang yang terus sibuk dengan pekerjaan, sibuk dengan hal-hal yang jasmani sehingga dalam kehidupannya yang ada hanyalah suka mempersalahkan orang lain bahkan mempersalahkan Tuhan.
Jadi biarlah kita seperti Maria yang tetap duduk dibawah kaki-Nya Tuhan dan mendengar suara-Nya.

Apa yang dimaksud dengan rahasia Allah?
1 Korintus 2:10-12,9
Apa yang tidak pernah dilihat, didengar.....inilah yang merupakan rahasia Allah yang harus dibuka, dan kunci untuk membukanya adalah KASIH.
(Kolose 1:25-27 Rahasia yang tersimpan dalam FirmanNya adalah tentang Kristus Yesus yang adalah mempelai Pria Sorga. )

Hakim-hakim 14:14
Lalu katanya kepada mereka: "Dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat keluar manisan." Ada tiga hari lamanya mereka tidak dapat memberi jawab teka-teki itu.
Apa yang kita makan?
Berhati-hatilah dalam menerima pengajaran karena apa yang kita terima itulah yang akan dihasilkan bagi kehidupan kita.
Biarlah kita mengikuti apa yang dimakan oleh mempelai Pria Sorga kita seperti yang tertulis dalam Yesaya 7:14-15
7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
7:15 Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik,
1.       Dadih.
                Yaitu susu asli yang langsung dari pemerasan.  (1 Petrus 2:2) artinya menikmati Firman Penginjilan yang murni yang memberi keselamtan, pertumbuhan dan yang dibutuhkan untuk menikmatinya adalah kerinduan. Jika kita terus menikmatinya maka kita akan terus bertumbuh dan menjadi kuat.
                (Ibrani 5:13-14) jika sudah mulai bertumbuh dan kuat maka siap untuk lanjut menerima makanan yang keras.
2.       Madu.
                Yaitu Firman Pengajaran yang memberi teguran, menyatakan dosa kita tapi membuat kita semakin kuat. (Ibrani 12:5-13) teguran itu tanda bahwa Tuhan mengasihi dan menganggap kita sebagai anakNya.
3.       Praktek Firman
Yohanes 4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.
Kita sudah mendengar, menerima Firman tapi yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana kita harus melakukan setiap Firman Tuhan dalam kehidupan kita.
Amin.
                                                By. Pdt. Rudolf Labok
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar