Minggu, 09 Desember 2012

Memelihara Hidup


Hakim-hakim 13:1-7
(SIMSON)

v  Berita tentang kelahiran Simson
Simson= Samson artinya sinar atau cahaya matahari. Ia berasal dari suku Dan.
Ay. 1 Orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin empat puluh tahun lamanya.
Bangsa Israel kembali murtad dengan melakukan apa yang jahat dimata Tuhan sehingga Tuhan menghukum mereka dengan menyerahkan mereka ketangan orang Filistin (menjadi budak).
Yang dialami Bangsa Israel merupakan gambaran dari kondisi gereja Tuhan pada hari-hari terakhir ini. Kita lihat saat ini dimana umat Tuhan hidup dalam dosa dan kejahatan yaitu diperbudak oleh dosa itu sendiri. Tapi tentu Tuhan tidak mau umat-Nya terus menerus dalam perbudakkan.
Pada zaman bangsa Israel dulu Tuhan melepaskan mereka dengan mengutus Simson sebagai nasir-Nya yang nanti melepaskan bangsa Israel dari perbudakan orang Filistin. Jadi kelahiran Simson bukan atas dasar kehendak orang tuanya tapi memang itu kehendak Tuhan karena Tuhan memiliki visi dan misi yaitu keselamatan bagi banyak orang.

13:2 Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah; isterinya mandul, tidak beranak.
Secara kenyataan isteri Manoah itu mandul artinya tidak bisa memiliki keturunan tapi dengan kehendak dan kuasa Tuhan ia bisa mengandung dan melahirkan. Ini memberi pengertian bagi kita yaitu bahwa tidak ada hal mustahil bagi Tuhan.
13:3 Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.
(Ay.3,24) Tuhan menghendaki dan memberi janji, setelah itu janjiNya digenapi.
Wanita ini simbol dari gereja Tuhan.
Gereja Tuhan mengalami 2 kenyataan:
Ay.1= gereja yang sedang dikuasai oleh dosa
Ay.3= gereja sedang dalam keadaan mandul yaitu tidak melahirkan jiwa-jiwa baru.

13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.
Hal yang harus diperhatikan gereja Tuhan yaitu memelihara hidup, apa yang dimakan dan apa yang diminum. Jika gereja Tuhan memelihara hidupnya, memperhatikan apa yang dimakan dan diminum maka gereja akan mampu melahirkan Simson-simson yang baru.
-Memelihara hidup: 1Korintus 3:16-17
3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
3:17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.
Hidup manusia mampu terpelihara jika ada Roh kudus diam didalamnya.
1.       Jangan minum anggur: Efesus 5:18
Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
Anggur yang memabukkan hanya akan menyebabkan kita dikuasai oleh hawa nafsu daging yaitu pertengkaran, permusuhan, pembunuhan dsb.
Tapi anggur sorgawi yaitu Roh Kudus akan memberi kita sukacita, damai sejahtera, hati yang mengasihi dsb.
2.       Makanan Haram: Kejadian 2:16-17
2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
Biarlah kita menerima atau memakan makanan yang diperintahkan Tuhan bukan makanan yang dilarang oleh Tuhan artinya jangan sampai kita menerima pengajaran yang sesat tapi biarlah kita menerima pengajaran yang dari Tuhan.
Hati-hati karena iblis dan bahkan manusiapun bisa memalsukan Firman Tuhan!
Seperti yang dikatakan R.Paulus yaitu adanya injil manusia yang mana hanya memberitakan tentang dirinya sendiri.
Yohanes 6:27,51
6:27 Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."
6:51 Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."
Makanan haram (pengajaran sesat) hanya akan menghasilkan kebinasaan tapi makanan FIRMAN ALLAH membawa kita pada hidup yang kekal.

13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."
Jika gereja mampu memelihara dirinya maka akan mampu melahirkan jiwa-jiwa baru yang dipakai sebagai nazir Allah. Artinya kehidupan kita sebagai umat Tuhan, kita masing-masing diberikan misi dari Tuhan untuk turut dalam pekerjaan Tuhan yaitu pekerjaan penyelamatan banyak orang.

13:6 Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata: "Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, yang rupanya sebagai rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku.
13:7 Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah."
Artinya isteri yang baik yaitu bila ia menerima Firman dari Tuhan maka ia tidak berdiam diri tapi ia membagikan Firman (bersaksi) itu minimal bagi suaminya.
13:8 Lalu Manoah memohon kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu."
Ay.8; hasil dari kesaksian.
Lalu Manoah memohon kepada Tuhan....... Artinya bisa membawa orang (suami) semakin dekat dengan Tuhan.

(Kesimpulannya biarlah kita lebih memperhatikan dan memelihara hidup kita Amin.)

By. Pdt. Rudolf Labok

1 komentar: