Minggu, 09 Desember 2012

Allah telah mengasihi kita


Ringkasan Firman dalam ibdh. Natal Jemaat
Jumat, 7-Des-2012

1 YOHANES 4:19
Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.
Kedatangan Tuhan yang pertama lewat kelahiran Anak-Nya Yesus Kristus itu merupakan bukti dari kasih Allah bagi kita. Tapi saat ini KASIH itu sudah tidak nampak lagi dalam kehidupan manusia buktinya ada begitu banyak kejahatan, pembunuhan, pencurian dsb terjadi didunia ini.
2 Timotius 3:1-5
3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
3:3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
3:4 suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
3:5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!
TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN.
Manusia sudah sangat sulit atau sukar untuk mengasihi orang lain. Mungkin kita hanya bisa mengasihi hanya sebatas ketika ada dalam gereja tapi setelah keluar maka yang ada adalah rasa saling curiga, membenci dsb. Inilah bukti bahwa kasih itu semakin sukar untuk dilakukan padahal yang Tuhan inginkan adalah kita saling mengasihi seperti Allah telah mengasihi kita dengan kasih Agape.
Contoh: Jemaat Efesus= Wahyu 2:1-7
Jemaat yang aktif, tekun, melayani dsb tapi sayang semua itu mereka lakukan tanpa KASIH. Allah keberatan untuk itu! Allah mau supaya kita kembali lagi pada kasih kita jika tidak maka kaki dian akan di angkat dari kita artinya kehidupan tanpa kasih itu sama dengan  hidup dalam kegelapan.

LUKAS 12:35
"Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.
Ikat pinggang merupakan kelengkapan pakaian dari imam-imam dalam melayani Tuhan.
Keluaran 28:40-43
28:40 Juga bagi anak-anak Harun haruslah kaubuat kemeja-kemeja dan haruslah kau buat ikat-ikat pinggang bagi mereka, dan destar-destar haruslah kaubuat bagi mereka untuk menjadi perhiasan kemuliaan.
28:41 Maka semuanya itu haruslah kaukenakan kepada abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya, kemudian engkau harus mengurapi, mentahbiskan dan menguduskan mereka, sehingga mereka dapat memegang jabatan imam bagi-Ku.
28:42 Buatlah celana-celana lenan bagi mereka untuk menutupi daging auratnya: celana itu haruslah dari pinggang sampai paha panjangnya.
28:43 Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya."
                Jika masuk dalam kemah suci tanpa mengenakan ikat pinggang maka sama dengan bercacat dihadapan Tuhan. Dalam Perjanjian baru Yesus berkata bahwa kita jangan sampai melepas ikat pinggang.
Ikat pinggang artinya:
  1. Kebenaran
  2. Kasih
Jadi seorang pelayan Tuhan tidak boleh melepaskan KEBENARAN dan KASIH! Tanpa kebenaran dan kasih maka kita bisa mengalami kematian rohani.

Amsal 20:27
Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.
Pelita= roh manusia.
Artinya jangan sampai roh kita padam tapi biarlah roh kita selalu bersemangat untuk melayani Tuhan.
Matius 6:23
jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
Pelita= mata.
Yaitu cara pandang.
Bagaimana cara pandang kita pada orang lain?
Apakah kita memandang dengan KASIH?


Jadi kesimpulannya disaat ini Tuhan mau kita menyelidiki kehidupan kita apakah kita masih memiliki KASIH itu atau tidak. Semoga kita masih memilikinya, amin.

By. Pdt. Rudolf Labok

JEMAAT GPT. KRISTUS RAJA MENGUCAPKAN
25 Desember 2012








Tidak ada komentar:

Posting Komentar