Minggu, 07 April 2013

Mana Isteriku?


Hak 15:1-8
I.      Ay. 1-8 Perlawanan Simson terhadap org Filistin
II.    Ay.9-20 Persengkongkolan orang Yehuda dan orang Filistin untuk menangkap Simson


Dalam pola Tabernakel Pasal 15 terkena Pintu Tirai dimana pintu ini adalah pintu terakhir untuk mendapatkan Ruang maha suci tempat Tabut perjanjian berada yaitu berbicara tentang nikah yang rohani sedangkan Pintu Tirai ini berbicara tentang proses perobekan daging.
(Galatia 5:24) Kedagingan membawa kita dalam berbagai keinginan dan hawa nafsu (Galatia 5:25) tapi jika sudah melewati pintu tirai maka kita sudah masuk dalam kesempurnaan dimana kita dipenuhi dan sudah sepenuhnya dikuasai oleh Roh Kudus, tidak ada lagi keinginan dan hawa nafsu yang kita lakukan.

Ibrani 10:19-20 
10:19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,
10:20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,
Seperti yang sudah Yesus lakukan bagi kita maka kitapun harus mengalami proses perobekan daging dimana kita mati dari segala keinginan daging agar terbuka kesempatan bagi kita untuk masuk dalam kesempurnaan.

Hak 15:1 Beberapa waktu kemudian, dalam musim menuai gandum, pergilah Simson mengunjungi isterinya, dengan membawa seekor anak kambing, serta berkata: "Aku mau ke kamar mendapatkan isteriku." Tetapi ayah perempuan itu tidak membiarkan dia masuk.
Simson gmbrn Mempelai Pria Sorga dan isterinya gbrn gereja Tuhan. Sedangkan musim menuai dapat kita lihat dalam (Matius 13:36-43) Gandum gbrn anak-anak Kerajaan yang mau hidup dalam pertobatan yang sungguh, yang mau disucikan tapi lalang gbrn  anak-anak iblis. Artinya dalam penggembalaan dan dalam keluarga kita diperhadapkan dengan orang-orang yang juga dipakai iblis untuk menteror hidup kita, bisa jadi itu adalah anak kita yang belum benar-benar bertobat, bisa jadi itu suami kita yang belum benar-benar bertobat dsb juga bisa jadi itu adalah teman sepelayanan kita yang belum sungguh-sungguh.
Dan Waktu menuai adalah (ay.39b) akhir zaman. Jadi kedatangan Simson diatas gbrn kedatangan Yesus Kristus sebagai mempelai Pria sorga dimana dunia sedang mengalami masa penuaian besar. Dan kedatanganNya khusus mencari mempelai wanitaNya.
Tapi apa yang terjadi dengan Simson? Ia tak dapat menemui isterinya karena ayah mertuanya tidak mengizinkan. Ayah mertua disini gbrn dari keterikatan akan kedagingan.
Di akhir zaman juga akan ada 2 macam mempelai wanita, yang satu tetap setia dan mempersiapkan diri menantikan kedatangan mempelai Pria dan yang satunya lagi masih mau terikat dengan segala kedagingannya dan mengikuti kehendaknya.

Hak 15:2 Kata ayah perempuan itu: "Aku telah menyangka, bahwa engkau benci sama sekali kepadanya, sebab itu aku memberikannya kepada kawanmu. Bukankah adiknya lebih cantik dari padanya? Baiklah kauambil itu bagimu sebagai gantinya."
Prasangka ayah mertua Simson yang salah. Artinya bagi kita adalah jangan sampai kita suka menduga-duga terlebih lagi yang kita sangkakan itu salah. Sehingga menyebabkan kita mengambil keputusan yang salah yang mengakibatkan kehancuran dalam nikah.
Seperti ayah mertua Simson yang mengira dia membenci isterinya padahal jika dilihat dari kedatangan Simson dengan membawa seekor anak kambing berarti simson masih sangat mencintai isterinya. Tapi sangat disayangkan isterinya sudah diserahkan pada orang lain dan menjadi milik orang lain sehingga kehancuranpun terjadi. Artinya secara rohani adalah 2 Korintus 11:2-3
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.
11:3 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.
Jangan  sampai kita menjadi milik orang lain dengan menerima ajaran yang sesat karena kita ini sudah menjadi milik Kristus.  Jadi Hati-hatilah dengan kelicikan iblis.

Isteri Simson lebih mendengar perintah dan nasihat ayahnya sehingga nikahnya hancur. Artinya jangan sampai kita lebih menuruti keinginan daging kita dari pada menuruti Firman Tuhan Matius 10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.
Bukan berarti kita tidak boleh mendengar nasihat orang tua, tidak, bukan seperti itu karena saat ini kita bicara tentang pengertian secara rohani. Tanpa mengabaikan yang jasmani karena Tuhan mengajar kita untuk menghormati orang tua.

Next.
(Matius 25:8-10)
Mempelai yang bodoh tertinggal karena saat datangnya mempelai Pria mereka tidak ada berada ditempat karena pergi membeli minyak. Artinya bagi kehidupan kita adalah jangan sampai kita meninggalkan ibadah hanya karena terlalu sibuk dengan rekreasi, belanja, jalan-jalan dsb karena itu membuat kita masuk dalam golongan gadis-gadis yang bodoh yang akhirnya tidak dapat menjadi mempelai wanita Tuhan.
Jadi saat ini bersiaplah, setialah agar saat IA mencari kita... Mana Isteriku?..... maka kita ada. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar