Senin, 24 September 2012

PERGERAKKAN TERSELUBUNG


Ringkasan Firman Tuhan minggu 23 september 2012

HAKIM-HAKIM 12:1-7

PERGERAKKAN TERSELUBUNG
            Manasye & Efraim dari keturunan Yusuf yang lahir dari rahim Rahel. Artinya mereka berdua ada dalam satu gereja. Minggu lalu telah dijelaskan bahwa dalam gereja atau dalam jemaat terdapat 2 kelompok yaitu kelompok yang Rohani dan kelompok yang Daging. Keduanya bisa dibedakan atau dilihat dengan terang  Roh Kudus.
            Pasal ini terkena Kaki Dian Emas yang memiliki 7 pelita yang adalaha gambaran dari 7 Roh Allah atau tujuh mata Tuhan yang menyoroti kehidupan manusia disegala tempat.
Ibrani 4:12-13 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
4:13 Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.
            Jadi Roh Kudus mampu mengetahui segala sesuatu mengenai kita dan apa yang kita rahasiakan. Sekarang kita akan belajar roh apa yang menyelusup saat ini?

Hak 12:1 Dikerahkanlah orang Efraim, lalu mereka bergerak ke Zafon. Dan mereka berkata kepada Yefta: "Mengapa engkau bergerak untuk memerangi bani Amon dengan tidak memanggil kami untuk maju bersama-sama dengan engkau? Sebab itu kami akan membakar rumahmu bersama-sama kamu!"
            Artinya ada suatu pergerakan yang terjadi dalam gereja dan pergerakan ini tanpa komando dan tidak nampak actor dibalik pergerakan yang ada alias pergerakkan terselubung. Tapi telah kita tahu bersama diminggu lalu telah kita pelajari bahwa aktor dari semua ini adalah IBLIS!
Hati-hati....jangan sampai roh ini menguasai kita,,,roh apa yang menunggangi manusia yang mempertahankan kedagingan?
1 Yohanes 4:1,5 4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
4:5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
Roh Kepalsuan.
            Roh ini membawa label Hamba Tuhan,,, artinya nampaknya rohani tapi sebenarnya palsu.
Kehidupan yang ditunggangi roh antikris atau roh kepalsuan ini ada dalam persekutuan dan bicara soal Firman tapi sesungguhnya saat mendengar Firman ia menolaknya dari dalam hatinya.
            Orang-orang seperti ini dapat dilihat dari bahasanya yang masih duniawi. Dalam hakim-hakim 12:1b (“...kami akan membakar rumahmu...) perkataan Efraim merupakan suatu yang mengancam dan membakar emosi orang lain.
Ada dua macam perkataan atau dua macam lidah:
  1. Kisah 2:1-4             Lidah-lidah api
  1. Yakobus 3:6-8       Lidahpun api (Efraim)
Kita digolongan mana?
            Lidah-lidah api ini dibakar oleh api Roh kudus tapi Lidah pun api ini dibakar oleh api neraka. Selama lidah itu tidak dibakar oleh api Roh kudus maka lidah ini merupakan dunia kejahatan, yang penuh dengan hinaan dan fitnahan dll. Jadi sangat penting bagi kita untuk menguji sagala roh karena tidak semua yang nampak rohani benar-benar rohani tapi ada yang hanya palsu semata.
            Seperti Yefta yang membalas ancaman Efraim dengan perkataan hikmat karena ia sudah diurapi oleh Roh Kudus. Jadi yang penting disini adalah lidah-lidah api yang datang dari Tuhan yang menghasilkan baptisan atau pertobatan. Jika mulut kita dipenuhi oleh api Tuhan maka dalam nikah maupun dalam pribadi kita akan terus mengalirkan pertobatan.
Lukas 12:49-50 12:49 "Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala!
12:50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!

Hak 12:3 Tetapi ayahnya dan ibunya berkata kepadanya: "Tidak adakah di antara anak-anak perempuan sanak saudaramu atau di antara seluruh bangsa kita seorang perempuan, sehingga engkau pergi mengambil isteri dari orang Filistin, orang-orang yang tidak bersunat itu?" Tetapi jawab Simson kepada ayahnya: "Ambillah dia bagiku, sebab dia kusukai."
Mazmur 121:1-8 121:1 Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?
121:2 Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.
121:3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap.
121:4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.
121:5 TUHANlah Penjagamu, TUHANlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.
121:6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam.
121:7 TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.
121:8 TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.
            Pertolongan dari manusia itu terbatas tapi pertolongan Tuhan itu kapan saja, dimana IA ADA, pertolongan Tuhan itu tidak pernah terlambat tapi tepat pada waktunya.
            Jadi kita harus kuat seperti Yefta, mungkin saat ini kita sedang diperhadapkan dengan kata-kata yang menyakitkan, menjatuhkan dan melemahkan baik itu dari suami/ isteri kita, dari saudara atau tetangga, dari teman kantor atau teman sepelayanan tapi ingatlah hanya Tuhanlah tempat pertolongan kita jadi tidak perlu kita menjadi lemah tapi KUATLAH.
Biarlah kita arahkan pandangan kita pada YESUS.

Hak 12:4 Kemudian Yefta mengumpulkan semua orang Gilead, lalu mereka berperang melawan suku Efraim. Dan orang-orang Gilead mengalahkan suku Efraim itu. Sebab orang-orang itu mengatakan: "Kamulah orang-orang yang telah lari dari suku Efraim!" -- kaum Gilead itu ada di tengah-tengah suku Efraim dan suku Manasye --.
Efraim dilawan; artinya iblis itu harus kita lawan.
1 Petrus 5:7-11 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.
5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.
5:10 Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.
5:11 Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.
            Yang kita lawan bukan suami, bukan isteri, bukan saudara, bukan teman dsb tapi sekali lagi yang kita lawan adalah iblis! Kita lawan iblis dengan IMAN, jangan sampai kita yang ditelan iblis,,, ditelan itu yaitu turut dalam kemabukan, turut dalam judi, turut dalam merokok dsb.
Jangan mau ditelan tapi LAWANLAH IBLIS!, LAWANLAH IBLIS!
Bagaimana? Berdoa dengan iman.... Maka Tuhan akan memperlengkapi kita
Yakobus 4:7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!
Lawanlah iblis maka nasib sial akan lari dari kita, penyakit lari dari kita, malapetaka lari dari kita dll.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar